PT Adhi Kartiko Sah Milik Simon Tangkaedengan

Beritaklick.com, KENDARI -Tuntas sudah polemik kepemilikan PT Adhi Kartiko (AK) yang saat ini sudah berubah nama menjadi PT Adhi Kartiko Mandiri (AKM). Mahkamah Agung (MA) resmi memvonis bersalah kepada terdakwa penipu bernama Ivy Djya Susanto.

Terdakwa dijatuhkan hukuman selama satu tahun. Tak hanya itu, MA juga membatalkan Putusan Pengadilan Negeri Kendari yang sebelumnya bernomor : 418/Pid-B/PN Kendari/2020 Tanggal 22 Desember.

Putusan Mahkamah Agung ini merupakan hasil dari permohonan Kasasi Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang tidak puas dengan Putusan Pengadilan Negeri Kendari. Nah, dalam amar putusan MA, Ivy Djaya Susanto terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan penipuan terhadap pelapor dalam hal ini Obong Jaya Kusuma selalu Pemilik Sah PT Adhi Kartiko dan juga Simon Tangkaedengan sebagai Dirut PT AK.

“Mengadili, bahwa terdakwa Ivy Djaya Susanto terbukti melakukan tindak pidana penipuan,”kutipan Putusan MA yang dikeluarkan pada 7 April 2021.

Kepemilikan sah PT AK oleh Simon Takaendengan dan Obong Kusuma Wijaya atas lahan pertambangan dengan kuasa pertambangan KW-07 NPP 012 berdasarkan surat keputusan (SK) Bupati Konawe Utara (Konut) nomor 311 pertanggal 6 November 2007. Mahkamah Agung juga menyita sejumlah dokumen Akta kepemilikan sah milik Simon Tangkaedengan dan Obong Jaya Kusuma.

Sementara itu Humas Pengadilan Negeri Kendari, Kelik Tri Margo SH yang dikonfirmasi membenarkan adanya petikan putusan kasus tersebut. Namun, secara utuh mengenai putusan resminya, belum diterima oleh Kepaniteraan Pengadilan Negeri Kendari.

“Belum ada putusan resminya, baru petikan putusan saja,”tuturnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Simon Takaendengan adalah salah satu pemilik saham sekaligus Direktur PT. Adhi Kartiko (AK), telah melaporkan pihak pimpinan perusahaan PT. Adhi Kartiko Pratama (AKP) kepada Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Diduga PT. AKP memalsukan tanda tangan Komisaris Utama PT. Adhi Kartiko, M. Arief Siswandara. Atas pemalsuan tersebut, digunakan untuk perubahan Ijin usaha pertambangan (IUP) menjadi PT. Adhi Kartiko Pratama (AKP)”

Ivy melakukan pemalsuan tanda tangan Komisaris Utama PT AK dengan bentuk persetujuan tidak keberatan perubahan nama IUP.(p2/klick)

Adi KartikoKepemilikan
Comments (0)
Add Comment