Ribuan Masyarakat Ikut Mengiringi Pemakaman Walikota Baubau AS Tamrin

74
lautan manusia saat memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum DR H AS Tamrin MH, Jumat (14/1). (Foto : LM. Suharlin/Rakyat Sultra)

Beritaklick.com, BAUBAU – Almarhum Walikota Baubau DR H AS Tamrin MH dimakamkan di pemakaman keluarga di Jalan La Bule Kelurahan Melai Kota Baubau, Kamis (14/1). Pemakaman yang berlangsung dengan prosesi upacara kenegaraan dimaksudkan sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada nakhoda Bumi Wolio periode 2018-2023 itu.

Upacara kenegaraan yang dipimpin langsung oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi selaku inspektur upacara. Sementara, Arif Basari yang merupakan alumni IPDN bertindak selaku komandan upacara.

Rangkaian pemakaman jenazah pria kelahiran 20 November 1952 itu diawali dengan upacara penyerahan jenazah oleh keluarga kepada Pemerintah Daerah. Dimana, Kamil Ady Karim selaku kakak almarhum bertindak sebagai perwakilan keluarga menyerahkan kepada Gubernur Sultra yang selanjutnya diantarkan kelokasi pemakaman keluarga.

Gubernur Sultra, Ali Mazi membacakan apel persada, pihak Pemkot Baubau membacakan daftar riwayat hidup almarhum. Dilanjutkan dengan pengantaran jenazah menggunakan kendaraan milik BLUD RSUD Kota Baubau untuk disemayamkan. Lautan manusia yang memadati kawasan pemakaman keluarga turut bersedih menghantarkan almarhum ke pemakamannya.

Dalam sambutannya, Gubernur Sultra, Ali Mazi mengungkapkan atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Sultra pihaknya belasungkawa yang mendalam atas berpulangnya Walikota Baubau DR H AS Tamrin MH. Almarhum merupakan sosok yang baik dan bersahaja.

Iring-iringan kendaraan pelayat nampak mengantarkan almarhum hingga lokasi pemakaman yang terletak dikawasan benteng Keraton Wolio.

Prosesi pemakaman diawali dengan tabur bunga oleh pihak Pemkot Baubau yang kemudian diikuti pihak keluarga almarhum. Selain itu pula sejumlah pejabat dijazirah Kepulauan Buton ikut melakukan prosesi yang sama sebagai wujud penghormatan kepada almarhum atas dedikasinya kepada kota pemilik benteng terluas di dunia itu.

Untuk diketahui, sejumlah pejabat lingkup Pemprov Sultra turut hadir mengantarkan pria 69 tahun itu. Selain itu pula, Ketua DPRD dan sejumlah anggota DPRD Provinsi Sultra, Para Bupati cakupan Kepulauan Buton juga nampak terlihat dirumah duka di rumah jabatan Walikota Baubau. (m2/klick)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar