2022, KPKNL Optimalkan Realisasi Penerimaan PNBP

82
Adi Suharna.

KENDARI, beritaklick.com – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Kota Kendari terus meningkatkan program kerja untuk mendapatkan realisasi penerimaan yang lebih maksimal. Olehnya itu, KPKNL Kendari menggenjot sinergitas dan kolaborasi berbagai stakeholder di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala KPKNL Kota Kendari, Adi Suharna mengaku, tahun 2022 ini lebih mengoptimalkan program kerja. Adapun rencana kerja yaitu meningkatkan kerjasama dengan semua satuan kerja pusat dan daerah sesuai tugas fungsi KPKNL Kendari dalam pengelolaan kekayaan negara atau daerah, pengurusan piutang negara atau daerah, pelayanan lelang hak tanggungan dan penilaian barang milik negara (BMN) atau barang milik daerah (BMD).

“Kemudian meningkatkan realisasi penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sesuai tugas fungsi KPKNL Kendari ,” ungkap Adi saat ditemui di Kendari, Kamis (20/1).

Dijelaskan, menurut UU no. 20 tahun 1997 tentang penerimaan negara bukan pajak, PNBP adalah seluruh penerimaan Pemerintah Pusat yang tidak berasal dari penerimaan perpajakan. UU tersebut juga menyebutkan kelompok PNBP meliputi penerimaan yang bersumber dari pengelolaan dana pemerintah, penerimaan dari pemanfaatan sumber daya alam.

“Kemudian juga bersumber dari hasil-hasil pengelolaan kekayaan Negara yang dipisahkan, penerimaan dari pelayanan yang dilaksanakan pemerintah dan penerimaan berdasarkan putusan pengadilan dan yang berasal dari pengenaan denda administrasi,” ucapnya.

Lanjutnya, rencana program kerja selanjutnya yaitu meningkatkan kerjasama dengan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk pelayanan lelang sukarela melalui website lelang.go.id sebagai sarana pemasaran produk UMKM provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) guna mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di daerah.

“Olehnya itu, kami mohon dukungan semua stakeholders dan masyarakat Sultra atas upaya KPKNL Kendari untuk meraih predikat WBBM dari Kemenpan RB tahun 2022 ini,” tutupnya. (rs/bck,)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar