Jelang Pemilu 2024, NETFID Sultra Gelar Dialog Publik

166
Suasana dialog publik yang gelar oleh
Suasana dialog publik yang gelar oleh Network For Indonesia Democratic Society (NETFID) Provinsi Sulawesi Tenggara, Kamis (25/11/2021).

 

Beritaklick.com | KONAWE – Network For Indonesia Democratic Society (NETFID) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar dialog publik dengan tema Proyeksi Partisipasi Masyarakat Jelang Pemilu dan Pilkada Tahun 2024 disalah satu warkop di Unaaha, Kamis (25/11/2021).

Pada kegiatan tersebut, NETFID Sultra menghadirkan narasumber dari Komisioner KPU Konawe Andang Masnur dan Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Konawe, Indra Eka Putra. Turut hadir Akademisi Universitas Lakidende, Jefry Crisbiantoro, dan Sekretaris Netfid Sultra, Ijang Asbar.

Komisioner KPU Konawe Andang Masnur menyampaikan, pelaksanaan Pemilu 2024 memang masih dalam tahap perencanaan. Tetapi lebih dini berdiskusi dalam memantik kesadaran berdemokrasi yang baik mesti terus digalakkan. Apalagi berbicara tentang partisipasi.

Sebab, masih kata Andang, salah satu variabel keberhasilan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada adalah tingkat partisipasi. Semakin tinggi angka partisipasi maka semakin representatif pemimpin yg dihasilkan dari proses tersebut.

“Tingkat partisipasi di Konawe pada saat Pemilu 2019 kemarin melebihi angka partisipasi yg ditargetkan KPU secara nasional yaitu 77 persen. Sementara partisipasi masyarakat di konawe itu 83.50 persen,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Sekretaris Netfid Sultra, Ijang Asbar mengungkapkan bahwa dialog publik ini merupakan agenda jangka pendek pihaknya terkait sosialisasi. Menurutnya, NETFID mengacu pada dua konsentrasi tentang isu-isu demokrasi dan pemberdayaan masyarakat.

“Dengan demikian, kami akan melakukan sosialisasi dan memberikan pemahaman terkait informasi terbaru Pemilu dan Pilkada,” ungkapnya. (cr2/WAN)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar