Susun Perencanaan Pembangunan Desa 2022, Desa Tombawatu Gelar Musdes

56
Dari Kiri Ke Kanan.... Asbar Landesara (Anggota BPD), Suryanto (Sekretaris BPD), Ibu Rostian (Kepala Desa), LM. Syamsul Kaidah (PDP Kapoiala).
Dari kiri ke kanan, Asbar Landesara (Anggota BPD), Suryanto (Sekretaris BPD), Rostian (Kepala Desa), LM. Syamsul Kaidah (PDP Kapoiala).

 

Beritaklick.com | UNAAHA – Dalam rangka penyusunan perencanaan pembangunan desa tahun 2022 yang terarah dan konsisten, Pemerintah Desa (Pemdes) Tombawatu, Kecamatan Kapoiala, Kabupaten Konawe bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) gelar Musyawarah Desa (Musdes) RKP Desa.

Musdes digelar di Balai Pertemuan Desa Tombawatu dihadiri oleh Kades dan Perangkat Desa, BPD, Pengurus Lembaga Kemasyarakatan, Pendamping Desa, tokoh masyarakat dan keterwakilan unsur kelompok masyarakat lainnya.

Materi yang dibahas dalam Musdes mencakup laporan Kepala Desa atas realisasi RKPDesa tahun sebelumnya, pokok-pokok pikiran BPD, aspirasi dan prakarsa masyarakat, mencermati peta jalan strategi pencapaian SDGs Desa, dan pembentukan Tim Penyusun RKPDesa. Selain itu, juga kembali disosialisasikan Permendesa PDTT 7/2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022.

Suasana rapat Pemdes dan BPD di Balai Desa Tombawatu, Kecamatan Kapoiala, Kabupaten Konawe.
Suasana rapat Pemdes dan BPD di Balai Desa Tombawatu, Kecamatan Kapoiala, Kabupaten Konawe.

 

Kades Tombawatu, Rostian menyampaikan, bahwa musyawarah dilaksanakan untuk menyusun RKP Desa tahun 2022 agar lebih terarah dalam menentukan anggaran yang dibutuhkan. Terlebih telah terbit Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa (DD) Tahun 2022.

Yang mana telah dijabarkan dengan jelas berbagai program pembangunan yang capainnya adalah Sustainable Development Goals (SDGs) Desa yakni percepatan pencapaian tujuan pembangunan nasional berkelanjutan.

“Melalui Musdes ini diharapkan program yang dicanangkan lebih terarah dan tepat sasaran. Sehingga, memberi manfaat bagi masyarakat desa,” ujarnya.

Suasana rapat Pemdes dan BPD di Balai desa Tombawatu, Konawe
Suasana rapat Pemdes dan BPD di Balai desa Tombawatu, Konawe yang di ikuti masyarakat setempat.

 

Sementara itu, BPD melalui Sekretaris BPD (Suryanto) didampingi oleh Anggota BPD (Asbar Landesara), menyampaikan bahwa pelaksanaan Musdes RKP Desa ini sebagai wujud perencanaan yang matang dalam pembangunan. Dengan Musdes ini, diharapkan masyarakat desa semakin solid dan kompak dalam mewujudkan kualitas pembangunan.

“Harapan saya, ke depan semangat gotong royong dapat ditingkatkan lagi, mewujudkan pembangunan yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya. (cr2/WAN)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar