Petugas Rutan Inspeksi Jaringan Listrik Kantor dan Kamar Hunian WBP

21

UNAAHA – Petugas Rumah Tahanan (Rutan) Kelas llB Unaaha melakukan inspeksi pada jaringan listrik tiap ruangan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sebagai bentuk respon cepat terhadap kejadian di lapas tanggerang.

Yang mana di Lapas Kelas l Tangerang Banten terjadi kebakaran yang menewaskan 41 warga binaan Rabu 8 September 2021.

Kepala pengamanan rutan melalukan sidak dan pemeriksaan jaringan instalasi listrik dilingkungan kantor dan kamar hunian rutan rutan Unaaha. Tim mulai menyisir instalasi listrik dari gardu utama, ruang kerja dan kamar hunian WBP.

Kepala Rutan Kelas llB Unaaha Herianto mengungkapkan, kejadian di Lapas Tangerang Banten kemarin merupakan bahan evaluasi bagi seluruh Lapas dan Rutan di Indonesia. Sehingga pihaknya di Rutan Unaaha langsung gerak cepat melakukan inspeksi di tiap kamar atau ruang tahanan bahkan hingga instalasi listrik kantor pemasyarakatan.

“Kita melakukan penggeledahan dan inspeksi penggunaan jaringan listrik di lingkungan blok hunian warga binaan dan lingkungan kantor. Kegiatan ini dilakukan sebagai deteksi dini gangguan keamanan dan tata tertib sekaligus menindak lanjuti perintah dari Kakanwil Kemenkumham Sultra,” ungkapnya.

Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut, diharapkan dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran atau gangguan keamanan dan ketertiban lainnya.

“Dari hasil pemeriksaan tersebut petugas mengamankan beberapa kabel dan korek api, juga peralatan makanan yang terbuat dari logam,” bebernya.

Selain pemeriksaan jaringan instalasi listrik, masih kata Heri, tim juga melakukan pemeriksaan lingkungan dan dan benda-benda yang sekiranya bisa berpotensi untuk menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban.

“Kegiatan inspeksi hari ini yang dilakukan oleh petugas berlangsung aman dan tertib, bahkan mendapat respon postif dari para WBP Rutan Kelas llB Unaaha,” pungkas Heri. (cr2/Mawan)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar