Pemdes Tani Indah Laksanakan Musdes 2022

50
Aparat Desa Tani Indah saat Musyawarah Desa di Aula Desa

 

BERITAKLICK.COME | UNAAHA – Pemerintah Desa (Pemdes) Tani Indah, Kecamatan Kapoiala, Kabupaten Konawe, pada Jumat 10 September 2021 melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) yang berlangsung Balai Desa.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Desa Tani Indah Muhammad Juslan. Turut hadir, Tenaga Ahli Pemberdayaan Kabupaten Konawe Asmin Wenado.

Hadir juga, Pendamping pemberdayaan Samsul Kaidah, Pendamping tehnik Ronalddin, Pendamping lokal desa Unding Prediawan, kemudian Ketua BPD Amir S.Pd, dan juga dari Kapospol Aiptu Lim Lim.

Kegiatan ini diikuti oleh puluhan masyarakat Desa Tani indah. Dikesempatan itu, apa yang menjadi keluhan masyarakat langsung disahuti oleh Kades Tani Indah.

Ditahun 2022 nanti, masih kata Juslan, Pemdes akan fokus pada peningkatan ekonomi Desa Tani Indah dengan cara memberikan stimulan kepada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Dimana tahun depan Pemdes Tani Indah akan menyalurkan setengah dari Dana Desa untuk permodalan Bumdes.

“Jika sesuai dengan Regulasi setengah dari Dana Desa akan kami berikan ke Bumdes, agar Bumdes bisa berkembang dengan baik,” katanya.

Penambahan permodalan Bumdes tersebut disampaikan Juslan dilakukan untuk menjadikan Desa Tani Indah sebagai Desa Mandiri. Karena menurutnya, dengan berkembangnya Bumdes maka akan memberikan dampak yang signifikan terhadap perekonomian Desa Tani Indah. Dan hal tersebut akan terwujud dengan cara penambahan modal ke Bumdes.

“Kalau Bumdes berkembang tentunya akan dirasakan manfaatnya kepada masyarakat, karena kalau Bumdes diberikan modal hanya sekian persen saja dari Dana Desa maka akan begitu-begitu saja. Jadi harus modal besar agar Bumdes berkembang, bila perlu akan kita carikan rekanan untuk bermitra dengan Bumdes agar Bumdes maksimal,”katanya.

Kades juga menambahkan dengan penambahan Modal Bumdes yang cukup besar nantinya tentunya akan ditunjang dengan Sumber Daya Manusia (SDM) para pengelola Bumdes. Dimana sesuai arahan dari Tenaga Ahli Pendamping Desa maka para pengelola Bumdes akan diberikan pelatihan untuk dapat mengelola keuangan Bumdes dengan baik.

“Tentunya pengelolanya harus memiliki skil yang baik dibidang itu, makanya kedepan akan dibimbing. Dan bila Bumdes ini berhasil Insya Allah pasti Desa Tani Indah ini akan kaya dan akan menjadi Desa yang mandiri kedepan,” harapnya.

Untuk diketahui Pemdes Tani Indah, adalah Desa pertama di Sultra yang melakukan Musdes Rencana Kerja Desa tahun 2022, dan Musdes tersebut mendapatkan apresiasi dari beberapa pihak. (cr2/WAN)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar