Kronologis Mobil Tenggelam di Konaweeha Hingga Proses Evakuasi Korban

2.185
Evakuasi korban penumpang mobil yang tenggelam di Sungai Konaweeha

Beritaklick.com, KENDARI – Setelah dilakukan pencarian, mobil merek Daihatsu Sigra putih yang tenggelam di Sungai Konaweeha, Desa Lalonggaluku Kecamatan Bondoala, Konawe, Minggu (19/9) berhasil ditemukan.

Mobil yang tenggelam sekitar pukul 11.30 Wita ditemukan sekitar 100 meter dari tempat penyeberangan. Mobil itu ditemukan oleh warga setempat setelah melakukan penyelaman menggunakan kompresor.

Setelah posisi mobil diketahui, Warga setempat melakukan penyelaman dan mengaitkan tali kemudian dilakukan evakuasi dengan penarikan mobil. Proses evakuasi ini berlangsung dramatis.

Setelah mobil dengan plat nomor DT 1823 AH ini muncul dipermukaan, Babinsa setempat dibantu warga langsung melakukan pencarian korban. Tiga penumpang yang sebelumnya ikut tenggelam bersama mobil ditemukan masih dalam mobil.

Ketiganya yakni Sumarsi (60), Sri Hasnati (40) dan Khofifah Eka Syahrani (8). Ketiga korban ini ditemukan telah meninggal dan mayat ketiganya telah kaku.

Ketiganya menjadi korban setelah mereka tidak bisa diselamatkan karena berada pada kursi belakang. Sementara posisi mobil saat diangkat dalam keadaan terbalik dengan ban mobil berada diposisi atas.

Setelah berhasil dievakuasi, Jenazah ketiga korban mobil naas tersebut dilarikan ke rumah warga dan tidak berselang lama, dilarikan ke rumah duka, Konsel menggunakan Ambulans.

Reza, salah satu warga yang ikut mengevakuasi mengatakan, jika jenazah anak berumur 8 tahun, yakni Khofifah Eka Syahrani berada pada dekat Pintu tengah. Dimana saat pintu dibuka, ditemukan kepala korban terhimpit pintu tersebut.

“Yang kecil terjepit kepalanya dipintu, saat kita buka langsung dia keluar,” ucapnya.

Sebelumnya, mobil yang ditumpangi ketiga korban ini hendak menyeberang sungai. Saat menaiki pincara (perahu penyeberangan), mobil melewati pembatas dan terjun ke sungai. Diduga rem blong.

Mobil tersebut sempat mengapung sejauh 50 meter. Para korban meminta pertolongan dan seorang warga yang berada ditempat kejadian langsung berlari dan berenang menyelematkan korban. Sementara Pincara penyeberangan mengikuti mobil tersebut dan berhasil mengevakuasi lima korban, yang dibantu salah satu warga yang berenang.

Naasnya selang beberapa detik mendekati mobil dan berusaha mengikat mobil, mobilpun tenggelam didasar sungai.

Ke delapan orang tersebut merupakan satu keluarga dari Desa Lamong Jaya Kecamatan Laeya, Kabupaten Konawe Selatan. Mereka hendak melayat di kecamatan Sawa Kabupaten Konawe Utara. (klick)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar