Hadirnya PT VDNI dan OSS, Pengangguran di Sultra Menurun

14

 

 

Perusahaan industri PT Virtue Dragon Nikel Industri di Kecamatan Morosi Kabupaten Konawe
Perusahaan industri PT Virtue Dragon Nikel Industri di Kecamatan Morosi Kabupaten Konawe

 

Beritaklick.com | KENDARI – Kehadiran smelter PT Virtue Dragon Nikel Industry (VDNI) PT Obsidian Stainless Steel (OSS) di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil menyerap tenaga kerja lokal di Sultra hingga mencapai belasan ribu.

Tidak hanya tenaga kerja lokal yang merasakan kehadiran dari perusahaan smelter terbesar di Indonesia timur itu. Dampak dari adanya perusahaan tersebut juga dirasakan oleh tenaga kerja dari luar bumi Anoa ini.

Anggota Komisi I DPRD Sultra Nurlin Surunuddin mengatakan, sejak beroperasinya perusahaan PT VDNIP di Sultra, angka pengangguran menurun. Penyebabnya yakni kehadiran perusahaan asal negeri tirai bambu tersebut.

“Saya melihat keberadaan PT VDNI ini sangatlah membantu masyarakat di sekitarnya dan di Sultra khususnya. Salah satu yang paling dirasakan masyarakat adalah terbukanya lowongan kerja buat masyarakat di daerah ini,” jelasnya, Senin (13/9/2021).

Nurlin mengungkapkan, perusahaan seperti PT VDNI ini sedikit banyak menunjang peningkatan perekonomian di Sultra. Jadi sudah semestinya mendapatkan dukungan dan sokongan dari pemerintah daerah Sultra.

“Kami dari DPRD Sultra tentunya sangat mendukung perusahaan yang masuk ke daerah ini dengan memiliki visi yang jelas untuk mengembangkan daerah ini,” ungkapnya.

Selain menyerap ribuan tenaga kerja lokal, dampak lain dari hadirnya perusahaan tersebut dirasakan oleh pedagang lapak yang menjamur di Desa Morosi. Bahkan, kondisi ekonomi berubah drastis hingga 360 derajat.

Sejak beroperasi di 2016 silam, PT VDNI telah memberikan angin segar untuk masyarakat Sekitar Kecamatan Morosi, pasalnya pertama kali beroprasi telah memberikan dampak besar untuk masyarakat sekitar. Disusul lagi dengan beroperasinya PT OSS yang juga memberikan dampak besar bagi pertumbuhan ekonomi baik di Kecamatan Morosi, Kabupaten hingga kepada Provinsi Sulawesi Tenggara.

Apabila berkunjung atau melintas disekitar perusahaan industri tersebut, nampak lapak-lapak pedagang berjejer rapi dan menawarkan jajanannya. Bahkan pedagang bukan hanya warga sekitar ataupun yang datang dari Kabupaten Konawe namun ada juga dari luar Provinsi Sultra. (WAN)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar