2021, Gubernur Targetkan ITK Buton Terima Mahasiswa Baru

13
Kadikbud Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD bersama tim, saat mendampingi pihak dari Kemenko Marves RI dan LLDIKTI Wilayah IX terkait persiapan pembentukan Institut Teknologi Kelautan Buton.

Beritaklick.com, KENDARI – Usai pertemuan Gubernur Sultra, H Ali Mazi SH bersama Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI, Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan MPA di Kantor Kemenko Marves RI beberapa waktu lalu, kini sejumlah program strategis yang diusulkan Pemerintah Provinsi Sultra tersebut secara perlahan mulai terealisasi.

Salah satu program strategis tersebut yakni terkait peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pembangunan dua perguruan tinggi, diantaranya Institut Teknologi Kelautan (ITK)Buton di Pasarwajo, Kabupaten Buton. Hal tersebut ditandai dengan hadirnya tim dari Kemenko Marves RI dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX di Sultra.

Pembina Yayasan ITK Buton yang juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD Selasa (1/6) mengatakan, kehadiran tim dari pusat tersebut dalam rangka mendukung percepatan pembentukan perguruan tinggi, sekaligus bagaimana memenuhi target Gubernur Sultra agar tahun ini ITK Buton telah dapat menerima mahasiswa baru.

“Tim ini melakukan evaluasi terkait persiapan Pemprov Sultra dalam pembentukan ITK Buton, utamanya terkait dokumen-dokumen serta kelengkapan teknis lainnya. Insya allah kita rampungkan dalam dua minggu kedepan, sebelum akhirnya berangkat ke pusat untuk melakukan presentasi,” ucapnya.

Orang nomor satu di jajaran Dikbud Sultra ini menjelaskan, keberadaan ITK Buton ini nantinya dalam rangka mendukung pengembangan kawasan perikanan dan kelautan di Buton, sehingga dalam pendirian perguruan tinggi, tidak menemukan kendala cukup berarti.

“Tim ini telah mendengarkan progres kesiapan kita sekaligus untuk mendapatkan asistensi oleh LLDIKTI Wilayah IX. Insya Allah kita bisa penuhi target sebab dokumen yang tersisa tinggal yang bersifat administrasi. Seperti terkait dokumen kontrak sewa menyewa gedung dengan Pemda Buton, karena pengajuan ke LLDIKTI tidak cukup hanya dengan pinjam pakai. Termasuk penyiapan tenaga dosen,” terangnya.

Lulusan S3 The Australian National University Canberra ini berkomitmen untuk mengerahkan semua kekuatan agar ITK Buton bisa memulai tahun ajaran baru pada 2021.

“Ini merupakan salah satu komitmen Pemprov Sultra dibawah kepemimpinan H Ali Mazi SH dan Wakilnya Dr H Lukman Abunawas SH MH MSi dalam meningkatkan pendidikan dan kualitas SDM di Sultra. Dan ini mendapatkan respon luar biasa dari Menko Marves RI, Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan MPA karena dinilai mampu membentuk SDM unggul dalam pemanfaatan kekayaan alam Sultra,” tambahnya lagi.(hdi/klick)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar