Tina Ingatkan Pentingnya Nilai Empat Pilar Kebangsaan pada Siswa SMAN 11 Kendari

91

 

KENDARI – Hj Tina Nur Alam selaku Anggota MPR/DPR RI mengajak seluruh lapisan masyarakat agar menyerapi nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar bangsa yakni Pancasila, UUD 1946, NKRI, dan Bhinneka Tungga Ika.

Menurut legislator partai NasDem itu, empat pilar yang terus digaungkan MPR RI dapat dijadikan sebagai acuan dalam berbangsa. Di antaranya menciptakan harmonisasi bangsa, memupuk persaudaraan, dan menghindari konflik sosial.

“Empat pilar MPR harus menjadi pegangan kita dalam hidup berbangsa dan bermasyarakat karena di dalamnya terkandung nilai pluralisme, kegotongroyongan, dan toleransi yang tinggi,” ungkap Tina saat sosialisasi empat pilar MPR RI di SMAN 11 Kendari, Selasa (25/5).

Oleh karena itu, lanjut Tina, MPR sebagai lembaga negara yang di dalamnya mencakup perwakilan rakyat di daerah, memiliki tanggung jawab dan berkomitmen menyuarakan nilai-nilai empat pilar kebangsaan kepada masyarakat Indonesia.

“Ini sebagai salah satu solusi dan jawaban dari demoralisasi generasi muda bangsa atau melemahnya rasa toleransi di dalam keberagaman yang selama ini sering terjadi dan bisa terjadi di masa mendatang,” ungkapnya di hadapan para siswa, pengurus OSIS, dan guru serta staf sekolah.

Dia mengajak seluruh masyarakat sekolah untuk bisa menjadi role model bagi masyarakat sosial di tempat tinggalnya. Bisa mulai dari circle yang lebih kecil, misalnya dalam lingkup pertemanan.

Kata Tina, langkah kecil yang dilakukan untuk mengajak orang lain berbuat toleransi, menghormati penganut agama lain, pentingnya keadilan, gotong royong, atau nikmatnya harmonisasi, sangat berarti dalam memutus kesenjangan sosial atau menghindari memudarnya identitas dan karakteristik bangsa.

“Kita ini adalah bangsa yang penuh keberagaman. Maka dari itu penting sekali memiliki sikap saling menghargai. Nah, dari lingkungan sekolah lah dimulai,” pesan anggota Komisi X DPR RI tersebut.

Dalam sosialisasi tersebut, Tina Nur Alam juga membagikan buku empat pilar MPR sekaligus memberikan bantuan pembangunan musalah sekolah. Harapannya, dapat tercipta lingkungan yang religius wujud pendidikan karakter para siswa. (Rs)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar