Konawe Kepulauan Kembali Raih WTP

30
Bupati Konkep Ir H Amrullah MT yang didampingi Ketua DPRD Ishak SE saat menerima LHP yang diserahkan oleh Kepala BPK RI Perwakilan Sultra Andi Sonny SH MM di Kantor BPK RI Perwakilan Sultra, Jum’at (28/5/2021).Foto: ABD. KARIM/Rakyat Sultra

Beritaklick.com, LANGARA – Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) akhirnya resmi menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2020 yang diserahkan langsung oleh Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) Andi Sonny SH MM.

Penyerahan LHP Konkep itu terlaksana di Kantor BPK RI Sultra, di Kota Kendari Jum’at (28/5/2021) yang diterima Bupati Konkep Ir H Amrullah MT.

Alhasil, daerah yang dipimpin Ir H Amrullah MT dan Andi Muh Lutfi SE MM diganjar dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk yang kedua kalinya setelah opini yang sama juga diraih pada Tahun 2020.

Bupati Konkep Ir H Amrullah MT mengaku bersyukur karena diberi kesempatan mewakili menyampaikan sambutan dari tujuh daerah yang menerima opini dari BPK RI Perwakilan Sultra hari ini.

Kata ia, audit yang dilaksanakan BPK merupakan kebutuhan atas LKPD yang sudah disusun guna mempertanggung jawabkan penyelanggaraan pemerintahan daerah secara akuntabel dan transparan.

Karena itu selama pemeriksaan, BPK telah memberikan masukan dan perbaikan terhadap penyusunan LKPD dalam rangka penyempurnaan LHP yang akuntabel dan profesional. Tak hanya itu, para pemeriksa juga telah memberikan arahan sehingga audit dapat dilaporkan sesuai tepat waktu.

“Luar biasa atas segala arahan dan perbaikan yang diberikan kepada kami. Untuk itu atas nama perwakilan enam daerah mengucapkan terima kasih dan permohonan maaf selama melakukan pemeriksaan ada hal-hal yang kurang berkenan. Semoga sesama abdi negara dapat dikenang dengan baik sebagai ladang ibadah kita semua,” ucapnya H Amrullah.

Di tempat yang sama kepala BPK-RI perwakilan Sultra, Andi Sonny berharap dengan pertemuan itu semakin memberikan hubungan baik antara pribadi dan lembaga.

“Kami mengapresiasi kepada bupati dan ketua DPRD atas kerjasamanya dalam mewujudkan pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel. Pemeriksaan ini merupakan perintah negara yang konstitusional. Olehnya itu kewajiban pemerintah daerah menyusun laporan keuangan sebagai bentuk pertanggungjawaban jabatannya,” jelasnya.

Pemeriksaan ini juga sambungnya, akan memberikan opini terhadap kewajaran pemerintah daerah terhadap kepatuhan pengelolaan anggaran, akutansi dan efektifitas sistem pengendalian internal yang dituangkan dalam buku LKPD.

“Kami sangat menghargai kerja keras pemerintah daerah atas keberhasilannya meraih WTP. Meski meraih WTP masih ada beberapa hal catatan yang perlu tindak lanjut dan perbaikan. Kami harapkan pimpinan DPRD untuk menindaklanjuti beberapa hal demi perbaikan. Semoga pemberian pengumuman ini agar menjadi perhatian sehingga ke depan makin baik lagi,” tandasnya.

Sekadar diketahui, lima daerah lainnya yang menerima opini WTP dari BPK RI Perwakilan Sultra selain Konkep yakni, Kabupaten Muna, Kota Baubau, Kabupaten Wakatobi, Kolaka Utara, dan Kabupaten Buton Utara. (r2/klick)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar