Kabupaten Buton Menuju Kota Cerdas

121
Bupati Buton, La Bakry menandatangani Nota Kesepakatan tentang Implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas dengan Kementerian Kominfo.

Beritaklick.com, PASARWAJO – Bupati Buton, La Bakry menandatangani nota kesepakatan Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia di Kantor Penghubung Kabupaten Buton di Kendari, Kamis, 20 Mei 2021.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny Gerard Plate mengatakan rangkaian kegiatan smart city telah dilakukan sejak tahun 2017. Saat ini pihak Kominfo melanjutkan dengan memperluas pengembangan kota cerdas di kawasan pariwisata prioritas nasional dan ibukota negara baru.
“Smart city” merupakan bagian dari kebijakan pemerintah secara nasional.

“Kesuksesan gerakan menuju Smart city akan bergantung kepada kolaborasi dan sinergi yang dilakukan institusi pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, vertikal dan horizontal, lintas kementerian, serta praktisi profesional,” tegasnya.

Penandatanganan nota kesepakatan ini, lanjut Menteri menjadi langkah baik dan kongkrit untuk menjamin kolaborasi lintas sektor dapat berlangsung dengan baik terutama untuk memastikan implementasi master plan (rencana induk) kota cerdas di masing-masing daerah berjalan lebih cepat.

Sementara itu, Bupati Buton Drs. La Bakry mengungkapkan terima kasih kepada Kementerian Kominfo yang telah memilih Buton sebagai daerah yang sangat dekat dengan kawasan prioritas pariwisata nasional Wakatobi.

“Dan Insya Allah pemerintah dan masyarakat Kabupaten Buton siap bersama-sama pemerintah pusat, siap menyukseskan kawasan pengembangan pariwisata prioritas Wakatobi. Karena itu merupakan tanggung jawab kita semua. Hari ini juga pak Gubernur juga menandatangani MoU itu dengan Menteri Komunikasi dan Informatika RI di Jakarta,” tutur politisi Golkar ini.

Menanggapi program “smart city”, orang nomor satu di Buton tersebut mengatakan menunggu arahan apa yang harus disiapkan dalam rangka menyongsong Buton sebagai salah satu daerah yang ditunjuk dalam rangka program “smart city” untuk mendukung pengembangan pariwisata nasional Wakatobi. (r4/klick)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar