APDESI Konkep Bakal Polisikan ALEMAKO Sultra

19
Ketua APDESI Konkep Asnal (kedua dari kiri) bersama sejumlah Kuasa Hukum nya di Kota Kendari.

Beritaklick.com, KENDARI – Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) bakal melaporkan LSM Aliasi Pemuda dan Mahasiswa Anti Korupsi (ALEMAKO) Sultra ke pihak kepolisian terkait pelaporan 21 Kades dugaan tindak pidana korupsi ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra.

Menurut, Hukum APDESI Konkep, Hasrun SH saat ditemui awak media, Kamis (8/4/2021) pada salah satu perumahan di Kota Kendari, dugaan yang dilayangkan ALEMAKO Sultra tidak berdasar dan tidak memiliki data valid terkait pelaporan tersebut.

Bahkan, lanjut Hasrun, ternyata ALEMAKO Sultra tidak terdaftar di Kantor Kesbangpol Sultra sesuai dengan Surat Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Sultra bernomor 220/292 tertanggal 6 April 2021.

“Dengan demikian tindakan yang dilakukan LSM ALEMAKO Sultra adalah tindakan yang ilegal dan atau melanggar hukum. Berdasarkan ketentuan UU Nomor 16 tahun 2017 tengang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 2 tahun 2017 tentang perubahan atas UU Nomor 17 tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan, Pasal 59 ayat 3 huruf (d) bahwa Ormas dilarang melakukan kegiatan yang menjadi tugas dan wewenang penegak hukum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Dugaan ALEMAKO Sultra tidak berdasar dan tidak valid,” beber Hasrun.

Menurutnya, perbuatan yang dilakukan ALEMAKO Sultra telah merusak kehormatan Ormas dan pemerintahan yang ada di Kabupaten Konawe Kepulauan serta nama baik kliennya dalam hal ini APDESI Konkep.

“Dengan demikian pula kami selaku tim Kuasa Hukum APDESI Konkep akan mengambil langkah tegas sebagaimana bunyi pasal 317 KUHP, dalam hal ini melaporkan LSM tersebut ke pihak aparat penegak hukum, kepolisian,” pungkas Hasrun. (r6/p2/klick)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar