Kemenag Sultra Dorong Kepala Madrasah Lakukan Perubahan

109
Kakanwil Kemenag Sultra, Fesal Musaad saat membuka kegiatan Teknis Subtantif Penguatan Kompetensi Kepala Madrasah. Foto: DIRMA/ RAKYAT SULTRA.

Beritaklick.com, KENDARI – Dalam kegiatan Diklat Teknis Subtantif Penguatan Kompetensi Kepala Madrasah, Selasa (16/3/2021) bertempat di Aula MAN 1 Kendari, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra), Fesal Musaad mendorong para Kepala Madrasah untuk melakukan sebuah perubahan dalam dunia pendidikan.

Dalam sambutannya, Fesal Musaad menjelaskan, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan hal penting yang perlu diperhatikan, karena meskipun sarana dan prasarana sudah baik jika tidak didukung dengan SDM yang unggul, maka akan berpengaruh pada mutu pendidikan siswa Madrasah. Untuk kegiatan ini sangat penting dilakukan guna menciptakan dunia pendidika yang lebih baik dan bermartabat.

Ia menerangkan, jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Kanwil Kemenag Sultra mencapai tiga ribuan dan ditambah Non ASN mencapai sekitar 7 ribu. Dengan capaian jumlah pegawai yang dijelaskan tadi, frekuensi yang mengikuti diklat jika dilihat dari masing masing satuan kerja lingkup Kanwil Kemenag Sultra masih belum merata.

“Hal ini menjadi tantangan kita di Kanwil Kemenag Sultra, untuk terus bekerjasama bersama balai diklat keagamaan Makassar sebagai bentuk peningkatan kompetensi pegawai termasuk para kepala Madrasah,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa dengan Diklat Penguatan Kompetensi tersebut, diharapkan menjadikan para kepala Madrasah sebagai pemimpin yang membawa perubahan. Ia ingingkan, melalui diklat ini menjadikan para pemimpin Madrasah di Sultra, menjadi Kepala Madrasah perubahan. Sebab seorang kepala madrasah merupakan Ruh dalam organisasi yaitu Madrasah.

“Perubahan yang dimaksud mencakup segala proses pendidikan dan program-program yang bisa diwujudkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan Madrasah seperti pengelolaan kurikulum, pengelolaan siswa, sarana dan prasarana, pengelolaan keuangan, dan beberapa program pengembangan lainnya berdasarkan  Permendikbud No.13 tahun 2007,” pungkasnya.

Sebagai informasi, kegiatan Diklat Teknis Subtantif Penguatan Kompetensi kepala nadrasah merupakan hasil kerjasama antara Balai Diklat Keagamaan Makassar  dan Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Tsanawiyah Provinsi Sultra  ditandai dengan penandatanganan MoU dari kedua belah pihak yang disaksikan langsung oleh Kakanwil Kemenag Sultra. (Cr5/klick)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar