Menko Luhut: Sultra Akan Jadi Penjaga Stabilitas Ekonomi Indonesia

116

Beritaklick.com, KENDARI – Sejak lama, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dikenal memiliki kekayaan sumberdaya alam berlimpah mulai dari hasil tambang, sektor pertanian, industri jasa, peternakan, perikanan, pariwisata, hingga budaya. Namun, di masa Pemerintahan Gubernur Sultra, H Ali Mazi SH bersama Wakilnya, Dr H Lukman Abunawas SH MSi, semua sektor akan dibangkitkan, yang pelan-pelan berorientasi pada peningkatan kualitas tenaga kerja lokal hingga kesejahteraan masyarakat Sultra.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia (Menko Marves RI) Jenderal TNI (Purn), Luhut Binsar Pandjaitan MPA telah menangkap visi misi Gubernur Sultra, H Ali Mazi, sehingga tidak heran untuk mendukung mimpi tersebut, sebelumnya sejumlah kementerian telah berkunjung ke Bumi Anoa ini.

Menurut Luhut, dengan tiga sektor saja yang dimiliki yakni industri logam, deposit Aspal Alam (Asbuton) dan perikanan, jika berjalan beriringan maka Sultra bisa menjadi penjaga stabilitas ekonomi Indonesia bahkan dunia.

Hal tersebut diungkapkannya saat menerima kunjungan serta rapat bersama Gubernur Sultra, yang didampingi Kepala ESDM Provinsi Sultra, Kadikbud Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD, dan Asisten I Prov Sultra, bertempat di Kantor Kemenko Marves RI, Gedung BPPT 1 Lantai 3, Menteng, Jakarta Pusat, belum lama ini.

“Kekayaan Sumber Daya Alam (SDA,red) inilah yang membuat masyarakat Sultra bisa bertahan, bahkan di masa pandemi sekali pun. Untuk kemanfaatan secara jangka panjang, Sultra mampu menjadi penjaga stabilitas ekonomi Indonesia, meskipun hanya dari tiga sumber tersebut,” ucap Menko Marves RI ini.

Gubernur Sultra, H Ali Mazi SH berpesan bahwa telah saatnya Sultra bangkit kembali, meskipun masih dalam situasi Covid-19 dengan menerapkan disiplin terhadap protokol kesehatan, dan dirinya siap mengawal ide yang telah ditanam melalui empat kementerian, termasuk diantaranya upaya pencetakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul ahli teknologi dan pengetahuan melalui dua perguruan tinggi baru, yakni Politeknik Industri Logam Virtue Dragon Institute of Technology (PIL-VDIT) di Morosi, Kabupaten Konawe, serta Institut Teknologi Kelautan (ITK) di Pasarwajo, Kabupaten Buton.

Gubernur Sultra, Ali Mazi melalui Kemenko Marves menyatakan apresiasi kepada Pemerintah Pusat atas dukungan kepada Pemerintah Provinsi Sultra, yang saat ini tengah berusaha mendorong potensi Sumber Daya Manusia di Sultra.

Dukungan Kemenko Marves merupakan bentuk nyata keinginan Pemerintah Pusat, untuk mendorong pembangunan sumber daya manusia di Indonesia, khususnya Sultra. Ini kebanggaan bagi kita. Mari kita bekerja serius untuk hal ini, agar cita-cita pemerintah menciptakan SDM yang unggul, dapat tercapai, kata Gubernur, Ali Mazi.(klick)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar