Tafdil Tekankan Pengusaha Tambang Harus Tertib

13

Beritaklick.com, RUMBIA – Bupati Bombana, H Tafdil menekankan bagi seluruh pengusaha di bidang pertambangan yang melakukan aktifitas di wilayah Kabupaten Bombana harus tertib menjalankan aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh pusat maupun pemerintah daerah.

H Tafdil mengatakan, pemerintah selalu menekankan kepada pelaku pengusaha tambang yang ada didaerah ini, jangan rugikan masyarakat sekitar dan menambanglah sesuai kaidah-kaidah yang diberikan jangan diluar aturan.

” Jika ada perusahaan tambang yang bandel yah kami bisa tindaki secara tegas, kami akan buatkan laporan ke Gubernur dan kementerian, ” tegas H Tafdil.

Pihaknya juga tidak bisa melarang secara penuh untuk menambang di Bombana, lanjut H Tafdil, karena hadirnyabtambang juga membawa dampak baik bagi daerah ini seperti adanya dana bagi hasil, Pemda tidak bisa mengharapkan APBD seutuhnya.

” Saya kira kalau kita awasi secara bersama-sama pengoperasian  perusahaan tambang yang ada diwilayah kita ini, saya yakin mereka akan tertib, ” kata Tafdil.

Bupati dua periode ini juga menekankan, ingat perusahan tambang jangan menggunakan lintasan jalan usha tani atau jalur umum yang menjadi lintasaan masyarakat karena ada laporan masyarakat itu ada sebahagian perusahaan menggunakan jalan usaha tani.

” Setiap perusahaan tambang itu berkewajiban membuat jalur lintasan sendiri, tidak bisa melintasi jalur umum. Sementara, untuk jalan usaha tani, jika ada kesepakatan atau izin dari kepala desa  serta disepakati masyarakat desa saya pikir bisa-bisa saja. Mungkin dalam kesepakatan diinternal mereka ada keuntungan bagi desa, ” pungkasnya. (din/klick)