Sekolah di Buteng Laksanakan PBM Tatap Muka

11

Beritaklick.com, LABUNGKARI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan melaksanakan kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM) secara tatap muka bagi para siswa-siswa sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Buteng Abdullah mengatakan, langkah tersebut diambil karena sampai saat ini wilayah Buteng sendiri merupakan salah satu wilayah dengan angka penuluran virus covid-19 yang kecil.

“Jadi kita tetap laksanakan kegiatan PBM secara tatap muka seperti kemarin. Daerah kita kan Alhamdulillah angka penularannya kecil apalagi sekarang masih kosong, makanya kita tetap lakukan itu,” kata Abdullah Rabu (6/1/2021).

Selain itu, kata Abdullah semenjak diberlakukannya era new normal saat ini, menurutnya para orang tua siswa dan pihak komite sekolah mengharapkan agar PBM secara tatap muka tetap berjalan.

“Makanya kita tetap lakukan PBM secara tatap muka karena selama ini orang tua siswa mendukung hal tersebut,” ujarnya.

Kendati demikian, pelaksanaan PBM tatap muka di Buteng harus tetap mengedepankan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Lebih lanjut, Abdullah juga mengatakan bahwa pada pelaksanaan PBM secara tatap muka kali ini akan sedikit berbeda dengan pelaksanaan PBM tatap muka sebelumnya, dimana pihaknya akan menutup sekolah yang apabila di dalam sekolah tersebut baik siswa ataupun guru diketahui terinfeksi virus covid-19.

“Jadi sistemnya itu kurang lebih sedikit berbeda dengan yang sebelumnya, kalau sebelumnya ada salah satu siswa atau guru di sebuah sekolah ada yang terinfeksi, maka semua sekolah tutup, kalau kali ini tidak, yang ditutup hanya sekolah yang memiliki kasus infeksi itu saja,” katanya

Untuk itu, Abdullah menjelaskan, terkait pelaksanaan PBM secara tatap muka sendiri memang merupakan rencana pemerintah pusat sendiri yang sebelumnya telah dibahas beberapa waktu lalu.

Namun, mekanisme pelaksanaannya akan dikembalikan dan tergantung pada daerah masing-masing. Untuk itu, Abdullah juga berharap pada pelaksanaan PBM kali ini, baik siswa maupun guru sama-sama bisa bekerja sama. (cr3/klick)