PBM Tatap Muka Ditunda, Sekolah Diharap Maksimalkan BDR

4

 

Beritaklick.com, LASUSUA – Kasus Covid-19 di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) hingga saat ini masih menunjukan tren peningkatan, kondisi ini membuat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kolut, masih menunda kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM) tatap muka hingga 23 Januari 2021 mendatang.

Kepala Dikbud Kolut, H Muh Idrus S Sos Msi, mengungkapkan, PBM tatap muka di tingkat SD dan SMP sebelumnya direncanakan akan berlangsung pada 11 Januari tahun ini, namun data dari Satgas Penanganan Covid-19, kasus Covid-19 di Kolut mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam dua pekan terakhir.

Olehnya itu lanjut Kadis, penundaan PBM tatap muka harus dilakukan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Menurutnya, jadwal penundaan PBM tatap muka ini tertuang dalam surat edaran Nomor 420/007/2021, yang menegaskan masa proses Belajar Dari Rumah (BDR) diperpanjang hingga 23 Januari mendatang.

“Penundaan PBM tatap muka ini sesusi keputusan rapat bersama tim gugus covid-19 beberapa waktu lalu, jadi keputusan bersama itu, itulah yang kita ikuti,” ungkap Kadis.

Dengan ditundanya PBM tatap muka ini, Idrus berharap, satuan pendidikan dapat memaksimalkan proses Belajar Dari Rumah (BDR), dengan berkreasi dalam memberikan pembelajaran kepada para siswa melalui sistem BDR.

Kadis menambahkan, jika kedepan ada sekolah yang meminta untuk melakukan PBM tatap muka, pihaknya tidak akan menolak selama sekolah dimaksud mengambil langkah terukur, dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kalau ada sekolah yang meminta PBM tatap muka tentu itu tidak akan kami tolak, tapi kami juga perlu mengingatkan itu sangat beresiko, dan kami tidak ingin pelaksanaan PBM tatap muka di sekolah ini, akan menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19,” pungkas Kadis. (r1/klick)