Kapolres Butur Janji Tindak Pelaku Pengeboman Ikan

5

Beritaklick.com, BURANGA – Praktik illegal fishing menggunakan bom ikan di Kecamatan Kulisusu Utara, Kabupaten Buton Utara (Butur), belakangan ini dikeluhkan masyarakat daerah setempat. Menyikapi hal tersebut, Kapolres Butur AKBP Wasis Santoso berjanji akan melakukan penindakan terhadap pelaku pengeboman tersebut.

“Saya juga ikut merasakan apa yang dirasakan masyarakat semua. Saya selaku kapolres tidak bisa diam. Mari kita sama-sama, kita tangkap pelakunya,” ungkap Wasis Santoso.

Butur sendiri terang Wasis Santoso merupakan daerah perairan dikelilingi laut yang kaya akan hasil laut. Hal tersebut menjadikan orang tidak bertanggung jawab kerap memanfaatkan kondisi itu dengan cara illegal.

“Karena itu harus dijaga habitat dan kelestariannya. Jangan sampai ada orang-orang luar dan saya pun geram yang melakukan pengeboman ikan,” tegasnya.

Dijelaskannya, semenjak menjadi Kapolres Butur, Wasis Santoso mengaku sudah berapa kali menerima laporan dari masyarakat terkait pengeboman ikan. Namun ia juga tak menampik, kalau masih ada beberapa keterbatasan fasilitas untuk melakukan penyelidikan.

“Tetapi saya tidak pernah putus asa. Saya pernah menyewa kapal untuk melakukan penyelidikan di laut karena ini resikonya besar berhubungan dengan nyawa karena mereka tidak menutup kemungkinan membawa senjata api,” imbuhnya.

Sebelumnya penangkapan ikan dengan cara di bom di wilayah perairan Kecamatan Kulisusu Utara, Kabupaten Buton Utara (Butur) dilaporkan kembali marak terjadi. Kejadian itu mulai dikeluhkan warga setempat.

Tidak berhenti sampai disitu, maraknya praktik illegal fishing ini juga membuat puluhan masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Pengawas Masyrakat Pesisir (Pokwasmas Ocintonga) dan Aliansi Peduli Lingkungan (APL) Butur melakukan aksi unjuk rasa Senin (11/1/2021) beberapa waktu lalu. Mereka meminta oknum pelaku bom ikan ditindak tegas. (r3/klick)