800 Vaksin Covid-19 di Buteng Disiapkan untuk Tenaga Kesehatan

8

Beritaklick.com, LABUNGKARI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan memprioritaskan vaksinisasi Covid-19 kepada kepada seluruh tenaga kesehatan (Nakes) yang tersebar di 7 Kecamatan yang ada.

Kepala Dinas Kesehatan Buteng Kasman mengatakan, bahwa keputusan tersebut sudah menjadi keputusan resmi dari pusat yang mengutamakan vaksinisasi terhadp tenaga kesehatan (Nakes).

“Jadi untuk vaksin, kita akan prioritaskan dulu nakes, hal ini untuk keselamatan pekerjaan mereka,” kata Kasman Rabu (6/1/2021).

Untuk Buteng sendiri kata Kasman, mendapat kuota vaksin sebesar 800 lebih yang mana hampir keseluruhannya merupakan tenaga kesehatan yang bekerja baik di Puskesmas maupun RSUD. Kasman menuturkan bahwa data tersebut sesuai dengan data permintaan dari pemerintah pusat.

“Jadi kuota kita 800 lebih, ini sesuai dengan permintaan pemerintah pusat, jadi itu yang kita kirimkan,” ujarnya.

Dengan demikian, terkait jadwal pelaksanaan vaksinisasi atau penyuntikan vaksin covid-19 tersebut, ia menuturkan hingga saat ini belum ada kepastian waktunya.

Hal ini karena mengingat vaksin tersebut sampai saat ini sebarannya belum sampai ke daerah Buteng. Ia juga menuturkan bahwa ada kemungkinan proses vaksinisasi juga nantinya akan dilakukan secara bertahap.

“Untuk itu, ini yang 800 baru tahap pertama, kemungkinan nanti ada tahap-tahap selanjutnya, itu tergantung dari pemerintah pusat yang menentukan,” pungkasnya. (cr3/klick)