25 Pedagang Kaki Lima Terima Bantuan Lapak

7

 

Beritaklick.com, PASARWAJO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton melalui Dinas Perdagangan menyerahkan bantuan lapak kepada 25 orang pedagang kaki lima di Pasar Kaloko, Pasarwajo, Buton, Rabu (13/1).

Bantuan lapak tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Buton Drs. La Bakry, M.Si. Penyerahan bantuan yang ditandai dengan pencabutan lot ini dipusatkan di Panggung Utama Alun-Alun Takawa, Pasarwajo.

Selain Bupati, turut hadir Wakil Bupati Iis Elianti, Sekretaris Daerah Ir. La Ode Zilfar Djafar, M.Si, Kepala Dinas Perdagangan Kab. Buton Safaruddin, S.IP., M.Si, dan Camat Pasarwajo Drs. Amiruddin.

Bupati Buton mengatakan bantuan lapak itu memberikan stimulan kepada para pedagang dalam rangka meningkatkan taraf hidup keluarga, terlebih di masa sulit pandemi Covid-19.

Selain itu, bantuan ini juga merupakan salah satu bentuk perhatian Pemerintah Daerah untuk memulihkan ekonomi keluarga, meskipun tidak sempurna setidaknya lapak ini layak untuk menjual kue dan makanan.

“Penerimaan lapak ini dengan cara diundi agar adil dan tidak ada pilih kasih kepada penerima lapak. Ada 25 lapak yang tersedia, bagi yang belum beruntung akan diupayakan untuk diakomodir pada bantuan selanjutnya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kab. Buton, Safaruddin, S.IP., M.Si mengatakan bantuan lapak ini diperuntukkan bagi pedagang kue dan makanan. Diperuntukkan untuk 25 orang yang betul-betul pedagang.

“Pertama ada 90 pedagang yang mengajukan diri lalu diverifikasi datanya oleh pihak Dinas Perdagangan yang betul-betul pedagang berjumlah 25 pedagang,” tuturnya.

Bantuan itu lanjut dia, diberikan untuk menguatkan perekonomian masyarakat yang sangat membutuhkan di masa pandemi Covid-19.

“Penyerahan bantuan ini dengan cara dilot untuk memberikan asas keadilan, tidak ada yang dipilih khusus atau pihak tertentu yang diuntungkan,” ujarnya.

Ia berharap dengan lapak ini penataan pasar kaloko Pasarwajo menjadi lebih tertib dan bermanfaat bagi PKL. Selain itu, pedagang setelah menerima bantuan ini akan menandatangani berita acara perjanjian penyerahan lapak, agar tidak dipindahtangankan ke orang lain. (r4/klick)