15 Ribu Warga Muna Dapat BST Tahun 2020

115

Beritaklick.com, RAHA – Dampak wabah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) masih dirasakan oleh masyarakat. Tak pelak, pemerintah pusat masih menyiapkan bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat yang terkena dampak Covid-19 melalui Bantuan Sosial Tunai (BST) yang dananya diterima langsung melalui Kantor Pos dan Giro.

Diwawancarai jurnalis Rakyat Sultra, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Muna, Drs La Kore menjelaskan bahwa BST diperuntukkan untuk masyarakat yang terkena dampak Covid-19. Terkait kategori calon penerima BST diutamakan yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Yang dapat BST bisa diambil dari nama-nama yang masuk dalam DTKS dan bisa juga di luar DTKS,”jelas Kore.

Ia menerangkan, program BST dilanjutkan kembali tahun 2021. Terkait hal itu Pemkab Muna melalui Dinsos Muna tengah melakukan tahap pemutakhiran data untuk memadankan antara data keluarga calon penerima BST dan data yang ada di catatan sipil, sebab ada sekitar tiga ribu warga Muna calon penerima BST yang datanya todak sinkron.

“Saat ini kita sedang giat-giatnya melakukan pemutakhiran data, memadankan antara data kekuarga penerima BST dengan data di catatan sipil sehingga hak-hak mereka sebagai oenerima BST tidak terganggu,”terangnya.

Tahun 2020 kata dia, ada sekitar 15 ribu Kepala Keluarga (KK) di Muna yang mendapat BST. Sementara untuk kuota tahun 2021, menunggu keputusan dari, pemerintah pusat.

“Kita mengusulkan sebanyak mungkin, pemerintah pusat yang menentukan kuotanya,”pungkasnya. (sra/klick)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar