Target Zona Putih Januari 2021, ini Jurus Ruksamin Atasi Covid-19 di Konut

144

 

Beritaklick.com, WANGGUDU – Ruksamin yang menjabat sebagai Bupati Konawe Utara (Konut) pasca melewati cuti kampanye dalam tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020, kembali dengan sederet agenda lanjutannya dalam membangun daerah.

Meski demikian, Ruksamin yang dikonfirmasi Selasa (22/12), mengungkapkan, diantara pekerjaan itu, fokus utama pemerintah daerah (Pemda) saat ini yakni mengembalikan status zona putih Covid-19 di Konut.

Tak main-main, status itu ia targetkan di bulan Januari 2021 mendatang. Demi mewujudkan hal itu, ia telah menyusun strategi jitu, dengan mengerahkan segala sumber daya pemerintah yang ada.

Strategi itu dituangkannya dalam bentuk instruksi kepada seluruh jajaranya pada 18 Desember lalu, dalam rapat teknis penanganan Covid-19 yang dihadiri pihak TNI, Polri dan jajaran Pemda Konut.

Instruksi pertama, setiap instansi Pemda mengaktifkan gugus tugasnya dengan mengedepankan langkah pencegahan. Gugus ini kemudian melakukan operasi yustisi dengan mengutamakan pelaksanaan protokol pencegahan penyebaran Covid-19.

Kedua, di setiap kantor desa, lurah dan camat diadakan sosialisasi yang terpampang untuk menginstruksikan dan mewajibkan penggunaan masker, menjaga jarak, serta menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan.

“Ketiga, tidak boleh ada kerumunan dalam menghadapi natal dan tahun baru. Olehnya sudah saya sampaikan sebelumnya, tempat wisata ditutup dan perbatasan dijaga ketat,” ujarnya.

Keempat, mendorong Peraturan Bupati (Perbup) Konawe Utara (Konut) Nomor 37 Tahun 2020, menjadi peraturan daerah (Perda), agar pencegahan dan penanganan Covid-19 dilaksanakan dengan masif.

“Untuk upacara HUT Konut, dilakukan secara virtual, dimana setiap desa mengikuti dari kantor masing-masing secara daring. Setelah upacara, lurah serta camat diarahkan untuk pembagian sejuta masker dengan pakaian adat. Juknis akan diberikan sebelum kegiatan,” tutup Ruksamin.(iwl/klick)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar