Surunuddin Kembali Jadikan Konsel Sebagai Daerah Peduli HAM Ke Empat Kalinya

126

Beritaklick.com, ANDOOLO – Pemerintah Daerah Konawe Selatan dibawah kepemimpinan Bupati H Surunuddin Dangga, ST,.MM dan Wakil Bupati Dr H Arsalim Arifin SE.,M.Si tetap memiliki komitmen tinggi untuk terus mengupayakan pemenuhan hak dasar bagi masyarakatnya khususnya dibidang Hak Asasi Manusia (HAM).

Upaya dalam meningkatkan peran dan tanggung jawabnya dalam penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM tersebut dianggap berhasil. Bersama 259 Kabupaten/Kota secara Nasional dan 9 (sembilan) Kabupaten/Kota se- Sulawesi Tenggara (Sultra) Pemda Konsel meraih predikat sebagai “Kabupaten Peduli HAM 2020”.

Penghargaan tertinggi dari Kementerian Hukum dan HAM RI ini merupakan perolehan yang ke-4 (keempat) kalinya yang di raih Pemda Konsel secara berturut-turut sejak Tahun 2017 hingga kini.

Pengumuman keberhasilan Pemda Konsel dengan total nilai capaian sebesar 84.32 point di sampaikan pada peringatan Hari HAM Sedunia yang ke -72 Tahun 2020 secara virtual yang di pimpin Menkunham Prof Jasonna Laoly di Jakarta.

Sedangkan, Plakat Penghargaan di terima langsung Bupati Surunuddin Dangga yang diserahkan langsung Gubernur Sultra H Ali Mazi SH mewakili Menkunham RI di dampingi Wakil Gubernur Dr Lukman Abunawas dan Kepala Kantor Kemenkunham Sultra, Sofyan usai mengikuti rapat virtual di Aula Merah Putih Rujab Gubernur Sultra. Senin (14/12/2020).

Turut mendampingi pada acara penerimaan penghargaan, Kepala Bagian (Kabag) Hukum Pujiono dan Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Setda Konsel Erna Yustiana.

Dikesempatan itu Gubernur Sultra Ali Mazi menyampaikan, momentum peringatan HAM sedunia ini sebagai wujud penghormatan, penegakan dan perlindungan HAM dalam kehidupan bermasyarakat, yang merupakan tanggung jawab Pemerintah baik pusat, Provinsi maupun Pemerintah Kab/Kota.

Terkait prestasi yang telah diraih, Gubernur mengucapkan selamat dan sukses serta apresiasi kepada para Bupati termasuk Konawe Selatan, karena telah mengantarkan daerahnya sebagai Kota peduli penegakan HAM, sekaligus berharap agar kedepan seluruh Kab/Kota dapat meraih prestasi yang sama.

Sementara saat ditemui usai menerima penghargaan, Bupati Surunuddin menyampaikan rasa bangga dan apresiasi kepada semua pihak atas sinergitas yang terbangun.

“Yang juga menunjukkan bahwa di wilayah Konsel merupakan daerah yang aman dan ramah yang peduli atas hak kesehatan, pendidikan, pekerjaan, perumahan, kependudukan dan hak atas perempuan dan anak serta lingkungan yang berkelanjutan,” ungkapnya.

Disebutkan Bupati, semoga dengan raihan ini dapat lebih memacu dalam peningkatan pelayanan yang baik kepada masyarakat dengan terus bahu membahu membangun solidaritas kebangsaan dengan mempererat tali persaudaraan dan semangat anti kekerasan.

“Semoga prestasi ini bisa jadi motivasi bagi kita semua, yang wajib kita pertahankan dan tingkatkan agar di tahun mendatang bisa lebih baik terkhusus pada kepedulian dan peningkatan pelayanan ke masyarakat,” pungkas Surunuddin.

Untuk diketahui, Delapan Kab/Kota se-Sultra lainnya yang meraih predikat yang sama yakni Kabupaten Buton, Buton Selatan, Kolaka Timur, Kolaka Utara, Konawe Kepulauan, Konawe Utara, Muna Barat dan Wakatobi. Sedangkan predikat “Kabupaten Cukup Peduli HAM” di berikan ke pada 5 (lima) Kabupaten yakni Bombana, Buton Tengah, Buton Utara, Muna dan Kota Bau-Bau. (ram/klick)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar