Penjualan Mobil Bekas Jelang Akhir Tahun Bikin Tersenyum

160

Beritaklick.com, JAKARTA – Pasar mobil bekas kembali menggeliat menjelang akhir tahun ini meskipun masih diterpa pandemi covid-19.

Senior Marketing Manager Penjualan Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih mengatakan, penjualan mobil bekas pada November naik menjadi 1.800 unit dari rata-rata 1.000 unit per bulan selama pandemi Covid-19. Segmen low MPV masih menjadi primadona, seperti Avanza, Mitsubishi Xpander dkk.

Ia menjelaskan, banyak konsumen mempercayai mobil di segmen tersebut karena kebutuhan dan depresiasi harga yang tidak terlalu jauh. “Dari kenaikan itu, juaranya adalah Low MPV karena sudah menjadi budaya orang Indonesia kalau beli mobil yang muat banyak,” kata Herjanto Kosasih kepada Antara.

“Penurunan harganya paling 5-10 persen. Misalnya kemarin ambil Xpander Ultimate tahun 2018 harganya masih di atas Rp215 juta, tidak jauh dari harga barunya saat itu,” kata dia.

Herjanto juga menjelaskan depresiasi harga Xpander sudah menyamai Avanza di angka 5 persen – 10 persen, yang lebih baik dari kompetitornya di kelas Low MPV. Xpander menjadi salah satu mobil yang diburu konsumen mobil bekas.

Meski harga bekasnya juga tinggi, konsumen meyakni mobil jenis itu memiliki jaringan suku cadang dan servis record yang baik.

“Xpander paling menginap dua-tiga malam di sini, kemudian cepat terjual, sirkulasinya cepat,” kata dia.

Menurut Herjanto, pilihan untuk segmen low MPV di pasar mobil bekas mengerucut pada Xpander dan Avanza karena tidak ada peluncuran LMPV terbaru pada tahun ini. Faktor lain yang membuat harga jual kembali Xpander dapat bertahan adalah keunikan model, pertumbuhan jaringan servis dan kesan baru pada mobil tersebut.

“Salah satunya itu, pilihan konsumen dengan budget segitu untuk mobil baru terbatas. Maka konsumen memilih mobil bekas yang terawat dengan kilometer yang tidak jauh-jauh amat,” kata dia.

Jika dilihat di platform jual beli mobil bekas OLX, harga Xpander 2018 varian ultimate memang masih di atas Rp215 juta. Harga yang lebih tentunya untuk model tahun 2019, yakni kisaran Rp220 juta hingga Rp230 juta, dan Xpander keluaran 2020 bisa mencapai Rp250 juta.
Adapun Avanza Veloz 1.5 tahun 2019 dijual dengan rentang harga Rp195 juta – Rp205 juta. (ant/jpnn/klick)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar