Unit Siaga Pencarian dan Penyelamatan Basarnas Terbentuk di Muna

208

 

* Basarnas Tempatkan Lima Personil

RAHA- Badan Sar Nasional (Basarnas) Sultra akhirnya membentuk unit siaga pencarian dan penyelamatan di Kabupaten Muna, untuk membantu masyarakat melakukan upaya pencarian, penanangan dan pertolongan.

Rabu (11/11) Kepala Kantor Basarnas (Kakansar) Sultra, Aris Sofingi memimpin langsung penempatan lima orang personilnya di Muna, disaksikan Plt Bupati Muna, Drs H Abdul Malik Ditu, Asisten I Pemkab Muna, LM Ruslan Ibu, Kadis Kelautan Perikanan (KKP), La Kusa dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Ali Syadikin

Aris mengatakan, sebelumnya, Bupati Muna, LM Rusman Emba telah bersurat resmi ke Basarnas untuk pembentukan unit siaga pencarian dan penyelematan Basarnas di Muna. “Permohonan bapak Bupati Muna ini disetujui oleh Basarnas pusat. Kami tempatkan lima orang personil Basarnas untuk melakukan tugas kemanusiaan, pencarian dan penolongan”kata Aris.

Ia menegaskan bahwa kegiatan pencarian dan pertolongan bukan saja menjadi tugas Basarnas, tapi menjadi tanggung jawab bersama baik masyarakat, TNI/Polri dan pemerintah daerah. Olehnya itu, dibutuhkan kerjasama dan sinergitas seluruh pihak untuk menjalankan dan menyukseskan misi kemanusiaan ini.

Ia juga mengapresiasi peran serta dan dukungan Pemkab Muna yang telah menyiapkan sarana gedung perkantoran dan lahan seluas 10 ribu meter persegi untuk rencana pembangunan kantor Basarnas Muna.

Untuk saat ini pihak Basarnas telah menyiapkan prasarana berupa perahu karet dan alat pendukung lainnya. Kedepannya, Basarnas akan menyiapkan prasarana lainnya dengan cara mengusulkan ke pemerintah pusat untuk pengadaan kapal atau rescue boot. (sra)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar