Pusterad Ajak Media Massa Bersinergi Membangun Negeri

9

Beritaklick.com, KENDARI – Pusat Teritorial TNI Angkatan Darat (Pusterad) mengajak seluruh media massa bersinergi dalam membangun negeri. Hal ini diketahui, usai Pusterad menggelar sarasehan yang diikuti seluruh Kapendam dan Kapenrem bersama perwakilan media massa dari seluruh Kodam dan Korem di daerah.

Salah satunya hadir, Kepala Penerangan (Kapenrem) 143/Halu Oleo, Mayor Arm Sumarsono yang berlangsung di Hotel Horison, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (18/11). Serasehan ini dibuka oleh Komandan Pusterad, Letjen TNI R Wisnoe Prasetija Boedi.

Dalam sambutannya, Letjen R Wisnoe mengungkapkan bahwa kegiatan sarasehan ini sebagai ajang silaturahmi sekaligus untuk mempererat hubungan yang sudah dibangun selama ini dengan insan media maupun pers.

“Harapannya, melalui kegiatan ini semakin memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan, dalam rangka menjaga NKRI, sesuai dengn tema kegiatan “Bersinergi Membangun Negeri,” ujarnya.

Menurutnya, di era modern saat ini informasi sangatlah penting sebagai sarana interaksi masyarakat. Terlebih lagi memang, sambung dia, kecepatan informasi yang didukung dengan perkembangan teknologi sehingga informasi menjadi kebutuhan keseharian dalam kehidupan sosial masyarakat yang dapat dikonsumsi melalui berita, baik dalam bentuk media elektronik, cetak maupun online.

“Hanya saja perlu didukung dengan pemberitaan yang tepat dan akurat, agar dapat dijadikan sebagai sarana dalam pengambilan kebijakan, meningkatkan pembangunan masyarakat, dan membangun karakter bangsa. Makanya, perlu adanya edukasi dan proaktif mengajak masyarakat agar cerdas dalam menerima informasi dan memanfaatkan media masa,” terang Letjen R Wisnoe.

Ia menambakan bahwa ancaman bangsa kita yang sedang mengintai saat ini seperti, bencana alam dan bencana non alam. Bencana non alam meliput, pornografi, narkoba dan radikalisme, serta kerawanan Pilkada serentak 2020 yang memungkinkan timbulnya profokasi, agitasi dan propaganda melalui penyebaran berita bohong yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, sehingga dapat menyebabkan stabilitas.

“Olehnya itu, seluruh komponen bangsa berkewajiban untuk berpartisipasi menjaga dari berbagai ancaman yang terjadi pada bangsa saat ini,” pintanya.

Diketahui, dalam kesempatan ini, Pusterad menghadirkan tiga pemateri yang berkompeten terkait hal ini, seperti Ketua Dewan Pers, Muhammad Nuh, membawakan materi tentang Information Credibility untuk Melindungi dan Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Kemudian, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Widodo Muktiyo membawakan materi tentang “Sinergitas Media Massa Di era Revolusi Industri 4.0.”

Hadir juga dalam kegiatan ini, Kadispenad Brigjen TNI Nefra Firdaus, Pejabat Utama Pusterad, Kapendam dan Kapenrem jajaran TNI AD. (her/klick)