P4GN Masuk Sebagai Materi Debat Kandidat Pilkada Muna

57

 

RAHA-Pogram Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) akan menjadi salah satu materi debat kandidat pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muna. Hal itu disampaikan oleh Nggasri Faeda, koordinator divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan Sumberdaya Manusia KPU Muna, kemarin.

Nggasri mengatakan, saat ini peredaran narkoba di lingkungan masyarakat terjadi begitu masif sehingga materi P4GN ini masuk sebagai salah satu materi debat. “Selain akan memaparkan visi misinya, para calon akan memaparkan komitmen dalam pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN),”jelas Nggasri.

Jika tak ada aral melintang, debat kandidat akan digelar di Galampano Kantolalo pukul 09.00 Wita. Acara debt kandidat ini akan disiarkan di salah satu media televisi. Pelaksanaan debat kandidat pilkada 2020 memiliki konsep berbeda dari pilkada sebelumnya, dimana ada penerapan protokol Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Nggasri menerangkan, pelaksanaan debat kandidat hanya akan dihadiri oleh 19 orang ditambah satu orang moderator dan satu orang pembawa acara (MC).

19 orang yang dimaksud masing-masing adalah dua pasangan calon (paslon) sebanyak empat orang, lima orang komisioner KPU Muna, masing-masing empat orang tim kampanye paslon dan dua orang dari pihak Bawaslu.

Pelaksanaan debat akan menggunakan durasi waktu 120 menit dengan rincian debat 90 mneit dan 30 menit iklan layanan masyarakat. Terkait tim perumus materi debat, KPU akan menggunakan tim perumus dari akademisi di Universitas Halu Oleo (UHO). “Tim perumusnya dari UHO. Tim perumus tak akan ikut dalam proses pelaksanaan debat, Pertanyaan akan diserahkan ke moderator yang akan memandu jalannya debat nanti,”terangnya. (sra)