KPU Siap Gelar Debat Kandidat, Presenter Dian Mirza Jadi Moderator

34

 

RAHA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muna menjadwalkan pelaksanaan debat kandidat pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muna (pilkada), hari ini Kamis (6/11) pukul 09.00 Wita. Diwawancarai, Rabu (4/11) Komisioner KPU Muna, Muhammad Ichsan mengungkapkan bahwa kesiapan KPU Muna jelang debat kandidat, besok (hari ini_red) sudah mencapai 100 persen.

“KPU sudah siap 100 persen untuk menggelar debat. Siang tadi (Rabu), panelis dari Unibersitas Haluoleo sudah tiba di Muna,”kata Ichsan.

Pelaksanaan debat kandidat, besok hanya akan dihadiri oleh 19 orang yang terdiri dari dua pasangan calon (empat orang), empat orang tim kampanye dari masing-masing paslon, lima orang komisioner Bawaslu Muna dan dua orang dari Bawaslu.

Acara yang akan berlangsung dalam durasi 120 menit ini akan dipandu langsung oleh seorang moderator, presenter TV nasional, Dian Mirza. “Jadi jumlah total yang ada dalam ruang debat hanya 19 orang saja ditambah satu orang moderator,”terangnya.

Ichsan menjelaskan, pembatasan jumlah peserta yang hadir ini disebabkan kondisi wabah pandemi corona virus disease 2019 (Covid-19) dimana penerapan protokol kesehatan menjadi syrat untuk menggelar kegiatan debat kandidat.

Namun demikian, masyarakat Kabupaten Muna tak perlu khawatir akan ketinggalan momen debat, sebab KPU Muna akan menyiarkan langsung acara debat kandidat melalui siaran TV Sultra dan bisa disaksikan secara live striming di akun media sosial (facebook) KPU Muna.

“Kami juga telah menyurati paslon agar tak membawa massa dalam kegiatan debat ini sebab acara ini akan disiarkan langsung melalui siaran TV Sultra dan bisa disaksikan secar live striming. Di rumah, di pangkalan ojek atau di posko pun masyarakat bisa mengakses jalannya acara debat ini jadi tidak perlu ramai-ramai ke Galampano,”pesannya.

Namun demikian, pihak KPU bekerjasama dengan pihak kepolisian tetap menyiapkan langlah-langkah antisipasi kemungkinan datangnya massa pendukung paslon di Galamanpo Kantolalo. “Kalau ada massa pendukung yang datang, kami sudah menyiapkan langkah-langkah antisipasi. Jalan di depan Galampano akan diblokade,”ujarnya. (sra)