Jannus TH Siahaan: Serangan di Sigi, Sama Saja Serangan untuk Indonesia

67

Beritaklick.com, KENDARI – Aksi pembunuhan satu keluarga dan rumah ibadah di Sigi, Sulawesi Tengah menuai kecaman dari berbagai pihak. Salah satunya datang dari pengamat keamanan, Dr Jannus TH Siahaan.

Dr Jannus mengatakan, apapun alasannya, aksi terorisme terhadap rumah ibadah di Sigi, Sulawesi Tengah sama dengan aksi terorisme terhadap Indonesia. Kasus ini harus jadi perhatian serius pemerintah, Kepolisian dan TNI.

“Jika diperlukan segera dibentuk tim investigasi gabungan untuk menuntaskan perkara tersebut,” kata Jannus.

Dikatakannya, para pelaku harus segera ditangkap dan ditindak dengan UU terorisme dan diseret ke pengadilan, agar jelas duduk perkaranya. Jika tidak, hal semacam ini hanya akan terus memunculkan ketakutan di tengah masyarakat Sulteng, terutama masyarakat Kristen bahkan masyarakat di daerah-daerah lainnya.

“Jadi tak ada alasan bagi pemerintah, TNI, dan Polri untuk menganggap remeh persoalan ini karena sejatinya tak ada tempat sejengkalpun untuk teroris di negeri ini,” tuturnya.

Lanjut Jannus, di masa jelang Pilkada serentak seperti saat ini, ketegasan dan kesigapan pemerintah sangat dibutuhkan, agar ada kepastian hukum.

“Hal itu perlu agar tidak terbuka peluang bagi para oknum politik untuk melebarnya isu sensitif semacam ini ke ranah politik dan dijadikan senjata untuk menciptakan ketidakstabilan di Sulteng maupun daerah-daerah lainnya di Indonesia,” ucap Doktor Sosiologi Universitas Padjajaran ini. (rls/klick)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar