Bangun Dermaga Kapal Pelni, Ridwan Gagas Walengkabola Jadi Embrio Kota Baru di Muna

519

 

RAHA-Politisi senayan, Ir Ridwan Bae menaruh harapan besar bagi perkembangan daerah Kabupaten Muna. Siapa sangka jika pria yang kini duduk sebagai Wakil Ketua Komisi V DPR RI ini tengah membuat gagasan besar untuk menjadikan wilayah pesisir Walengkabola Kecamatan Tongkuno sebagai cikal bakal atau embrio pengembangan kota baru di Kabupaten Muna, selain Kota Raha.

Ide dan gagasan tersebut disampaikan Ridwan saat menggelar konfrensi pers di kediamannya di bilangan Jl Made Sabara Raha, Senin (2/11). “Saya ingin di Muna ini ada pertumbuhan kota. Kita akan bangun pelabuhan kapal Pelni di Walengkabola,”ungkap Ridwan.

Mantan Bupati Muna dua periode ini menjelaskan, untuk mewujudkan mimpi tersebut, baru-baru ini Ridwan mengunjungi pesisir Walengkabola di sela-sela resesnya. Ia menilai pesisir Walengkabola sangat pas menjadi embrio perkembangan kota baru di Muna dengan melihat kondisi Kota Raha saat ini yang terdesak oleh padatnya pemukiman penduduk.

“Dengan adanya pelabuhan kapal Pelni di Walengkabola kita berharap dapat menarik perkembangan kota kearah sana (Walengkabola_red). Saat ini kondisi pelabuhan di Kota Raha sudah terdesak oleh padatnya pemukiman penduduk,”alasnya.

Tentunya untuk mewujudkan rencana besar Ridwan ini tak bisa secepat kilat dan tak semudah membalikkan telapak tangan, sebab untuk membangun sebuh dermaga besar maka butuh serangkaian kegiatan, mulai dari perencanaan, izin AMDAL dan lain sebagainya. Namun mantan Ketua DPD I Golkar Sultra ini menargetkan rencana tersebut bisa terealisasi tahun 2022. “Kita berharap kegiatan pembangunan dermaga kapal Pelni ini bisa dimulai tahun 2022,”pungkasnya.

Ridwan melanjutkan, pelabuhan-pelabuhan yang ada di Kota Raha tetap akan dimanfaatkan dan ditata dengan baik sehingga pelabuhan yang ada di Kota Raha dapat tertata rapi dan bersih. “Pelabuhan dalam Kota Raha akan menjadi pelabuhan biasa. Saya berharap Kota Raha ini bisa menjadi kota yang indah dan bersih pada waktunya nanti,”harapnya. (sra)