Warga Desak Pemkab Kolut Segera Copot Kades Pumbolo

10

LASUSUA – Puluhan Warga Desa Pumbolo Kecamatan Wawo Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Pumbolo Menggugat, menggelar aksi unjuk rasa Kamis (3/9). Mendesak agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolut, segera mencopot Muhammad Zahir, dari jabatannya selaku Kepala Desa (Kades) Pumbolo saat ini.

Dalam aksi damai tersebut masyarakat Desa Pumbolo menyampaikan aspirasinya di Depan Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kolut, dilanjutkan dengan menggelar orasi di depan Kantor DPRD Kolut.

Dalam pernyataan sikap yang sampaikan koordinator aksi, Mufli, masyarakat Desa Pumbolo mendesak, agar Pemkab Kolut melalui DPMD segera menonaktifkan Muhammad Zahir, dari jabatannya selaku Kades Pumbolo.

Pasalnya, ungkap Mufli, masyarakat menilai selama menjabat sebagai Kades, Muhammad Zahir, telah menunjukkan berbagai kinerja buruk, di antaranya di duga telah melakukan penyelewengan anggaran Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2019. Sebab, dalam pengalokasian anggaran tahun 2019, sama sekali tidak memiliki bangunan fisik.

Disamping itu, ungkap dia, Kades Pumbolo sudah tidak lagi menjalankan kewajibannya selaku Kades, baik dalam segi kinerja maupun dalam segi pelayanan masyarakat.

Menanggapi aspirasi masyarakat Desa Pumbolo tersebut, Ketua Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kolut, H Burhanuddin SH, yang turun langsung menemui perwakilan masayarakat Desa Pumbolo, menegaskan, pihak DPRD akan secepatnya menindak lanjuti aspirasi masyarakat tersebut.

“Insya Allah besok kami akan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP), dengan menghadirkan pihak-pihak terkait dalam masalah ini, khususnya Pemda, DPMD dan Inspektorat, untuk membicarakan bagaimana solusi dan langkah-langkah apa yang bisa diambil, oleh Pemda agar pelayanan pemerintahan Desa di Desa Pumbolo bisa kembali berjalan normal,” ungkapnya.

Sebab menurutnya, aspirasi yang disampaikan masyarakat Desa Pumbolo merupakan hal yang sangat wajar, mengingat sesuai materi aspirasi yang disampaikan, roda pemerintahan di Desa tersebut sudah tidak lagi berjalan normal, yang disebabkan oleh Kades yang sudah tidak lagi melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik.

“Jadi kami pihak DPRD mengapresiasi langkah masyarakat Desa Pumbolo, menyampaikan aspirasai secara tertib dan damai, dan pihak DPRD Insya Allah akan segera menindak lanjuti aspirasi ini,” pungkasnya. (r1)