Sejumlah Jembatan Rusak di Butur Segera Dibenahi

9

 

BURANGA – Sejumlah jembatan rusak di Kabupaten Buton Utara (Butur) yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Sultra dikabarkan akan segera dibenahi. Jembatan dimaksud yakni jembatan Langkumbe 1, jembatan S Lagito, dan jembatan Kambowa.

Informasi pembenahan jembatan tersebut disampaikan Kepala Dinas PUPR Butur, Wawan Wardaya. Kata dia, Pemprov Sultra sudah menganggarkan miliaran rupiah untuk pembenahan sejumlah jembatan di Butur.

Dengan rincian pembangunan jembatan Langkumbe 1 Rp 2,5 miliar, rehabilitasi Jembatan S Lagito Rp 253 juta, dan rehabilitasi jembatan Kambowa Rp 450 juta.

“Proyek tiga jembatan itu telah memasuki tahap tender dan sebagian pemenang lelang telah diumumkan. Itu berarti, akan segera dikerja agar aktivitas masyarakat lalu lalang menggunakan akses transportasi darat bisa lancar,” ungkap Wawan Wardaya.

Wawan Wardaya merasa bersyukur akan dilakukannya pembenahan pada jembatan tersebut. Pasalnya selama ini kerusakan ketiga jembatan tersebut, oleh masyarakat Butur, kerap dikaitkan dengan Pemda Butur. Padahal ketiga jembatan tersebut menjadi kewenangan Pemprov Sultra.

“Selama ini selalu dikeluhkan masyarakat dan yang menjadi sorotan bukan Pemprov tetapi Pemerintah Kabupaten Butur,” akunya.

Selama ini kata dia, pihaknya sudah memasukan proposal untuk meminta Pemprov Sultra memprioritaskan pembenahan sejumlah infrastruktur di Butur. Namun semua itu kembali tergantung pada Pemprov Sultra.

“Jadi kalau ada isu Pemkab Butur selama ini abai itu tidak benar. Pemkab Butur tidak pernah tutup mata terkait kondisi jalan dan jembatan rusak di ruas jalan provinsi di Butur,” imbuhnya. (r3)