Resmi Dikukuhkan, Wali Kota Ajak LAT Kota Kendari Sinergi Bangun Kota

11

 

KENDARI- Dewan Pengurus Daerah (DPD) Lembaga Adat Tolaki (LAT) Kota Kendari resmi dikukuhkan.
Sri Yastin atau istri wali kota senior Ir Asrun, terpilih menjadi nahkoda LAT Kota Kendari. Sementara, Sekertaris LAT Kota Kendari dijabta oleh Dr Basrin Melamba MA.

Usai terpilih secara aklamasi, Sri Yastin mengajak seluruh pengurus LAT Kota Kendari untuk bekerja keras untuk memajukan lembaga tersebut. Katanya, LAT harus menjadi rujukan bagi etnis yang lain dalam hal pemberdayaan lembaga adat.

“LAT Kota Kendari harus jadi rujukan bagi etnis lain yang ada di Kota Kendari. Khususnya bagi lembaga-lembaga adat yang ada di kota lulo,”terangnya.

Lanjut, Sri Yastin berharap LAT bisa melestarikan kebudayaan serta membentuk generasi-generasi unggul yang bisa memajukan daerah. Sementara itu, Wali Kota Kendari Sulkarnain mengajak LAT untuk mejadi perekat dan mengokohkan semangat motivasi kebersamaan. Sehingga adat istiadat masyarakat Tolaki dapat dipertahankan dan dikembangkan serta menjadi kebanggaan generasi muda selanjutnya.

Eksistensi LAT, kata dia, sesuai Permendagri nomor 52 tahun 2007 tentang peran pelestarian dan pengembangan adat istiadat dan nilai sosial budaya masyarakat. LAT ujar dia, harus terus menjaga nilai-nilaiyang fungsinya untuk meningkatkan nilai moral dan budaya masyarakat.

”Keberadaan LAT tentu sangat membantu Pemerintah Kota Kendari dalam menjaga nilai-nilai moral dan budaya di Kota Kendari,”ungkapnya.

Lebih jauh, Sulkarnain menyampaikan generasi ditengah kota metropolitan harus tetap diajak untuk ikut melestarikan budaya-budaya di Kota Kendari. Katanya, kita tidak ingin generasi mendatang tercabut dari akar budayanya.

“Saya mengajak semua pihakuntuk mengambil tanggung jawab ini. Mari bergandengan tangan dan menjaga harmonisasi sehingga nilai budayaTolaki di Kota Kendari terjaga dan terus terlestarikan,”pungkasnya. (wan)