Pemda Butur Bantu Koperasi dan Pelaku UMKM

3

BURANGA – Sebanyak 1.000 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Buton Utara (Butur) mendapat kucuran anggaran dari pemerintah daerah setempat dengan besaran Rp 500.000 untuk setiap UMKM. Bantuan itu bersumber dari APBD Pemda Butur.

Penerima bantuan ini, tersebar di enam kecamatan se-Butur. Rinciannya, Kecamatan Kulisusu 400 pelaku UMKM, Kulisusu Utara 100, Kulisusu Barat 100, Bonegunu 200, Kambowa 100 dan Wakorumba Utara 100.

Selain UMKM, 10 lembaga koperasi juga mendapat bantuan dana dari sumber anggaran yang sama. Dengan rincian masing-masing koperasi dibantu Rp 10 juta.

Rinciannya, Kecamatan Kulisusu 4 Koperasi, Kambowa 1 Koperasi, Bonegunu 1 Koperasi, Kulisusu Utara 1 Koperasi, dan Kulisusu Barat 3 Koperasi.

Penyerahan bantuan itu dilakukan Selasa (15/9) beberapa waktu lalu bertempat di Kantor Kecamatan Kulisusu. Bantuan itu masih berhubungan dengan imbas mewabahnya virus Covid-19 dan upaya pemulihan ekonomi nasional.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Butur, Baebudi, menuturkan peran Koperasi dan UMKM sangat diharapkan menggali potensi sumber ekonomi semaksimal mungkin, agar mampu bertahan dan meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya anggota koperasi dan pelaku UMKM.

“Selain APBD Kabupaten, koperasi dan pelaku UMKM di Butur juga akan mendapat bantuan dana yang bersumber dari APBN melalui Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia dan APBD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra),” ungkap Baebudi.

Untuk bantuan dari APBN, lanjut Baebudi, masing-masing anggota koperasi dan pelaku UMKM dibantu sebesar Rp 2.400.000. Usulan untuk Buton Utara sebanyak 4.645 pelaku UMKM.

Sementara bantuan dana yang bersumber dari APBD Provinsi besaran yang akan diterima oleh pelaku UMKM dan anggota koperasi masing-masing Rp 2.000.000.

Sementara itu, Bupati Butur, Abu Hasan yang hadir menyerahkan secara simbolis bantuan yang bersumber dari APBD setempat menyampaikan penyaluran dana tersebut dimaksudkan agar roda UMKM dan koperasi di Butur dapat terus berjalan.

“Walaupun jumlahnya tidak seberapa, saya berharap penerima bantuan dapat mempertahankan serta mengembangkan usaha yang digelutinya sehingga mampu menambah nilai ekonomi,” imbuhnya. (r3)