Pembayaran PBB Kini Bisa Secara Online

Pembayaran PBB Kini Bisa Secara Online

33

KENDARI – Wali Kota Kendari, H Sulkarnain Kadir akhirnya melaunching aplikasi Pajak Menyapa (Jakpa) yang diinisiasi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Kendari, Kamis (17/9) di Plaza Inn Hotel.

Melalui aplikasi ini masyarakat bisa melakukam pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) secara online melalui website jakpa.kendarikota.go.id.

Walikota menjelaskan bahwa aplikasi Jakpa merupakan bagian dari program besar Pemkot Kendari untuk menjadikan Kota Kendari sebagai Kota Layak Huni Berbasis Informasi, Teknologi dan Ekologi.

“Tentu kita berharap dengan sistem yang beralih dari manual ke digital semakin memudahkan masyarakat memenuhi kewajiban pajak dan retribusinya, walaupun saat ini baru PBB,” ujarnya kepada sejumlah awak media.

Kedepan, lanjut Walikota, aplikasi Jakpa terus akan dikembangkan sehingga bisa melayani jenis-jenis pajak yang lain, tidak hanya pembayaran PBB.

“Bahkan kita berharap ini menjadi basis untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat. Misalnya, kita mau bayar PDAM, bayar listrik atau pembayaran lainnya,” cetusnya.

Sementara itu, Kepala Bapenda Kota Kendari, Sri Yusnita mengungkapkan bahwa, untuk tahap awal layanan Pajak Menyapa telah dilengkapi sejumlah fitur atau menu untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran.

“Bisa lewat website jakpa.kendarikota.go.id. Di web ini sudah tersedia sejumlah fitur atau menu, hanya baru fitur PBB yang aktif sedangkan yang lainnya masih dalam tahap pengembangan,” terang Nita sapaan akrab Sri Yusnita.

Mantan Kepala DPM PTSP itu menjelaskan, untuk memudahkan pelayanan bagi masyarakat yang hendak membayar PBB. Mereka bisa langsung mendaftarkan diri dengan melengkapi formulir yang tersedia termasuk data tentang objek pajaknya.

Selanjutnya, sambung dia, jika telah mendaftar dan terdaftar, masyarakat bisa secara langsung melihat besaran tagihan PBB yang akan dibayar, termasuk jika memiliki tunggakan.

“Untuk jangka pendek kita akan mulai dengan layanan PBB, sedangkan jangka panjangnya akan menyusul layanan pembayaran pajak lainnya yang dikelola Bapenda,” tetang Nita.

Dirinya berharap, melalui layanan pajak menyapa ini, bisa meminimalisir terjadinya kebocoran pajak karena transaksi dilakukan tanpa tatap muka lagi. (klick)