Pasangan RE-BL Ditetapkan 23 September, RAPI 1 Oktober

68

* Pasangan RAPI Lanjutkan Tahapan

RAHA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna akhirnya melanjutkan kembali tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) untuk pasangan La Ode M Rajiun Tumada dan La Pili, setelah salah satu dari pasangan berakronim RAPI ini dinyatakan berhalangan yang menyebabkan tahapannya ditunda selama 10 hari pasca pendaftran.

“Tahapannya dilanjutkan sejak kemarin (15 September_red),”kata komisioner KPU Muna, Muhammad Ichsan saat diwawancarai jurnalis Rakyat Sultra, Rabu (16/9). Dengan demikian maka KPU Muna akan melakukan tahapan verifikasi dan penelitian berkas balon dan pencalonan balon tersebut.

Demikian pula dengan tahapan pemeriksaan kesehatan balon kepala daerah, pasangan RAPI dijadwalkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di RS Bahteramas Provinsi Sultra, tanggal 17-19 September. “Pemeriksaan kesehatan tanggal 17-19 September dan penyerahan hasilnya tanggal 21 September,”ungkapnya.

Penundaan tahapan yang dialami oleh pasangan RAPI rupanya berkonsekuensi pada mundurnya jadwal penetapan pasangan calon tersebut. “Pasangan LM Rajiun Tumada-La Pili akan ditetapkan tanggal 1 Oktober, sementara pasangan LM Rusman Emba da Bahrun Labuta tanggal 23 September, mengikuti jadwal normal yang ditetapkan dalam PKPU No.5,”sebut Ichsan. (sra)