Disdukcapil Kendari Terapkan Pelayanan Adminduk Secara Online

Disdukcapil Kendari Terapkan Pelayanan Adminduk Secara Online

74

KENDARI – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari mulai menerapkan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) secara online kepada masyarakat melalui aplikasi Jaga Kendari (Jari).

Aplikasi ini diinisiasi oleh Inspektorat Kota Kendari sebagai upaya mencegah terjadinya suap, pungli dan gratifikasi, sekaligus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Hadirnya aplikasi ini mendapat apresiasi dari Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir , sekaligus mengajak seluruh jajaran Pemkot Kendari dan masyarakat bersama-sama menyambut dan mendukung program Jari dalam memberikan pelayanan yang maksimal. Temasuk, mewadahi aspirasi, aduan dan kelurahan masyarakat.

“Ini juga memberikan pengawasan kepada jajaran Pemkot Kendari dalam menajalankan tugas dan tanggung jawabnya. Semoga dengan program ini pelayanan publik di Kota Kendari semakin baik di masa akan datang,” harap Wali Kota.

Sementara itu, Inswanto selaku Inspektur Pembantu Wilayah III Inspektorat Kota Kendari mengatakan, aplikasi Jari mulai diuji coba Disdukcapil sejak 31 Agustus.

“Program ini sudah kita sosialisasikan ke seluruh lurah. Selanjutnya mereka yang menyosialisasikannya kepada masyarakat. Tinggal buka sendiri melalui website (link) Jari.kendarikota.go.id. Masyarakat mengambil nomor antrian melalui aplikasi ini. Tidak perlu datang mengantri lagi disini. Antrian dibuka pukul 24.00 Wita,” terangnya, Jumat (4/9) saat dimintai keterangan awak media.

Iswanto mengaku, hingga kini pihak masih melakukan pendampingan dan pengawasan di Disdukcapil, mengigat aplikasi yang digunakan baru dalam tahap uji coba.

“Kedepan Capil sendiri yang akan jalankan. Kami tinggal datang memantau dan mengawasi. Sejauh ini aplikasi Jari sedang kita usahakan agar bisa di download di play store,” ungkapnya.

Ditempat sama, Sekretaris Disdukcapil Zulkarnain mengatakan dengan aplikasi Jari, lebih memudahkan pihaknya dalam memberikan pelayanan pada masyarakat. Selain itu masyarakat juga dimudahkan dengan layanan ini karena bisa memesan antrian dari rumah.

“Kami sudah unggah lima hari yang lalu tapi belum disetujui oleh pihak Google, memang verifikasi dari pihak Google saat ini sangat ketat,” ujarnya.

Sebagai informasi, sembari menunggu persetujuan Google. Masyarakat bisa menggunakan aplikasi tersebut melalui website (link) Jari.kendarikota.go.id. (klick)