Bangun 300 Kios, Masih Ada 437 Pedagang Belum Kebagian Kios

5

RAHA-Pasca kebakaran Pasar Sentral Laino yang terjadi pada tanggal 5 Juni lalu, sebanyak 737 pedagang harus kehilangan tempat untuk berdagang. Mengantisipasi hal itu Pemerintah Kabupaten Muna mulai membangun kios darurat di lokasi eks kebakaran. Jumlahnya ada 300 kios.

Namun pembangunan 300 kios tersebut belum menyelesaikan persoalan yang ada, sebab masih ada 437 pedagang di bagian timur pasar Laino yang belum kebagian kios. Hal itu diakui oleh Kepala Dinas Perindustrian dna Perdagangan (Perindag) Muna, La Ode Darmansyah.

“Pembangunan 300 kios ini belum bisa menjawab semua permasalahan pedagang, sebab masih ada 437 pedagang yang belum kebagian kios, jadi harus menunggu,”katanya. Darmansyah mengatakan, dalam waktu yang tak lama lagi, 437 pedagang ini akan dibagungkan kios oleh Pemkab Muna.

“Sesuai dengan pembicaraan dengan Komisi II DPRD Muna, 437 pedagang ini dijanjikan akan dibangunkan kios akhir tahun ini. Itu Komisi II yang menyatakan itu,”ucapnya. Darmansyah menyebut, anggaran pembangunan 300 unit kios di lokasi eks kebakaran sebesar Rp 1,73 miliar dengan sumber anggaran dari Biaya Tak Terduga (BTT). (sra)