Penuhi Janjinya, 1.071 Tenaga Kerja Lokal Lolos Verifikasi Berkas di PT VDNI

117

KONAWE, – PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) telah memenuhi janjinya untuk menerima tenga kerja lokal (TKL). Kini sudah 1.071 pelamar di PT VDNI yang dinyatakan lolos verifikasi berkas.

Dalam penerimaan tenaga kerja lokal kali ini, PT VDNI berkerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe.

Untuk itu, Pemkab Konawe kembali mengumumkan para calon tenaga kerja lokal (TKL) tahap ke empat yang melamar di PT. VDNI, pada Jumat (28/8/2020).

Kabag Humas dan Protokoler Pemda Konawe Sukri Nur, mengatakan bahwa sebanyak 1.071 orang pelamar dinyatakan lulus telah melewati tahapan verifikasi berkas dari panitia.

“Hari ini yang kita umumkan adalah calon TKL untuk perusahaan tambang PT. VDNI tahap empat. Yakni meliputi 6 divisi: Welder, Oprator loader, Elektrical, Dump track, Crew umum dan Crew gress.

“Untuk calon TKL yang lolos berkas administrasi tahap empat di PT. VDNI untuk pemangilan uji sweb menunggu informasi selanjutnya,” pungkas Sukri Nur.

Sebelumnya, External Affairs Manager PT VDNI dan PT OSS, Indrayanto mengatakan PT VDNI dan PT Obsidian Stainless Steel (OSS) berkomitmen untuk menciptakan lapangan kerja bagi ribuan tenaga kerja lokal yang memiliki skil di bidangnya untuk bekerja di dua perusahaan asing tersebut.

Walupun ada tenaga kerja asing (TKA). Namun, kata dia, pihaknya tidak menutup lapangan kerja untuk masyarakat lokal. Jumlah tenaga kerja lokal akan terus bertambah seiring berkembangnya proyek pembangunan 33 tungku smelter di perusahaan tersebut.

Indrayanto menambahkan khusus untuk tenaga kerja yang bekerja di 33 tungku itu, VDNI dan OSS membutuhkan kurang lebih 3.000 hingga 4.000 karyawan lokal untuk bekerja sebagai tenaga operator, administrasi dan lainya, sesuai dengan skil yang diminta oleh perusahaan.

Maka dari itu, perusahaan smelter yang beroperasi, di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara disebut berhasil menyerap tenaga kerja lokal di Bumi Anoa hingga mencapai belasan ribu.

Komitmen PT VDNI dalam menyerap pekerja lokal terbukti hingga Rabu (16/6/2020) lalu, kata Gubernur Sultra, Ali Mazi, tercatat sebanyak 11.227 orang tenaga kerja lokal yang telah bekerja di kawasan industri itu. Dari jumlah tersebut, 92 persen merupakan tenaga kerja asal Sulawesi Tenggara, dan 8 persen dari luar Sultra atau TKA. (IK)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar