Pemda Buteng Hibahkan Lahan 10 Hektar Pembangunan Polres

79

 

LABUNGKARI – Pemerintah Daerah (Pemda) Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra), melakukan penandatanganan sekaligus penyerahkan hibah tanah persiapan kantor Polres Buteng kepada Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari.

Hibah tanah yang di berikan tersebut seluas 10 hektare dengan di saksikan oleh seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dan sejumlah Kapolsek yang ada di jazirah Buteng.

Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari mengatakan bahwa terkait pengusulan pendirian sangat mengapresiasi apa yang di lakukan oleh Pemda Buteng dimana hal tersebut dimaksudkan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Jadi salah satu syarat pembangunan yang berkelanjutan tentunya adalah kondisi Kambtibmas yang kondusif. Aman merupakan salah satu prasyarat untuk terus bisa membangun. Perlu banyak hal yang disesuaikan, seperti kehadiran kepolisian dalam melayani masyarakat dan pemerintah serta masyarakat Buteng tentu menyadari hal itu,” kata AKBP Rio Tangkari Senin (03/8).

Lebih lanjut, AKBP Rio menjelaskan bahwa dengan semakin berkembangnya jumlah penduduk di Buteng, tingkat kebutuhan masyarakat akan kehadiran kepolisian dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat tentu sudah selayaknya Polres berdiri.

“Polda Sultra, khususnya Polres Bau Bau sangat mendukung percepatan proses berdirinya Polres Kabupaten. Bapak Kapolda juga sampaikan terimkasih kepada Bapak Bupati atas responnya yang luar biasa karena menghibahkan tanah seluas 10 hektare. Padahal standar pendirian Polres di Sultra itu hanya 4,5 sampai 5 hektar, tapi disini lebih. ini luar biasa,” ujarnya.

Lebih jauh, Rio memprediksikan bahwa jika kelak suatu saat berdiri Polda Kepulauan Buton, lokasi yang paling baik ada di Buteng.

“Jadi prediksi saya, jika berdiri Polda kepulauan Buton, mungkin lebih tepat ada disini. Kita berharap nantinya dengan hadirnya Polres baru ini akan bersinergi dengan pemerintah daerah dalam percepetan pembangunan tentunya,” tambahnya.

“Untuk itu kita akan memproses, baik secara administrasi ataupun dukungan lain sehingga harapan kita percepatan pendirian Polres Buteng cepat berdiri, dan hari ini salah satunya sudah kita lakukan tinggal yang lainnya,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Buteng, H Samahuddin berharap kepada bapak Kapolres Bau Bau agar secepatnya menindaklanjuti kepada Bapak Kapolda dan bapak Kapolri, sebab masyarakat Buteng sangat membutuhkan kehadiran Polres.

“Untuk itu, dengan penandatanganan naskah hibah hari ini, saya minta bantuan bapak Kapolres untuk menindaklanjuti ke Polda, karena masyarakat Buteng sangat membutuhkan, tentu untuk kenyamanan kita semua, khususnya masyarakat Buteng,” pungkasnya. (cr3)