Anggaran Kembali, Dinas PUPR Kolut Pastikan Semua Kegiatan Rampung Tepat Waktu

67

 

LASUSUA – Sempat ditarik pemerintah pusat untuk penangan pandemi Covid-19, anggaran yang melekat di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), akhirnya kembali 100 persen.

Kepala Dinas PUPR Kolut, Mukramin SE MM, menuturkan, anggaran untuk bidang Cipta Karya dan Bidang Pengairan, yang sebelumnya sempat ditarik pemerintah pusat sebagai dana cadangan untuk penanganan pandemi Covid-19, kini telah dikembalikan 100 persen.

“Anggarannya sudah dikembalikan dari pemerintah pusat. Untuk bidang Cipta Karya dan Bidang Pengairan yang dananya sempat ditarik, itu dikembalikan 100 persen. Sementara untuk di Bidang Bina Marga yang khusus Dana Alokasi Khusus (DAK), itu tidak ada yang kembali,” ungkap Mukramin.

Menurutnya, pengembalian dana dari Pemerintah Pusat tersebut, menyusul selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), dirinya telah menandatangani pernyataan kesanggupan untuk melaksanakan kegiatan sesuai waktu dan aturan yang telah ditentukan.

“Tentu kita optimis semua kegiatan akan selesai tepat waktu. Kami juga tidak akan berani membuat surat kesanggupan melaksanakan kegiatan, kalau masih ada pertimbangan tekhnis melalui bidang masing-masing,” jelasnya.

Terkait jumlah anggaran dan realisasi program, lanjut Kadis, untuk anggaran pembangunan infrastruktur Rp 30 miliar lebih, bersumber dari DAK dan dana pinjaman. Saat ini kata dia, beberapa item kegiatan tengah dalam proses lelang dan evaluasi, namun juga sudah ada beberapa item pekerjaan yang telah dikerjakan dan dalam proses pencairan anggaran.

“Untuk kegiatan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, fokus kita tahun ini masih kelanjutan pembangunan jalan di Kecamatan Watunohu dan Kecamatan Porehu, karena ini memang masih menjadi skala prioritas kita,” tandasnya. (r1)