Kampung Religius dan PKS Menanam di Kelurahan Kemaraya Segera Terwujud

62
H Abdul Haliq bersama Lurah Kemaraya Sumarni Asahi. S.sos, M.Ap dan Camat Kendari Barat Sahurianto M. Sp saat meninjau lahan pembangunan Masjid Al-Amin dan Pondok Tahfiz Quran di Kelurahan Kemaraya, Kota Kendari, Jumat (17/7). Foto : Ashry Rakyat/Sultra

 

KENDARI – Rencana pembangunan Masjid Al-Amin dan Pondok Tahfiz Quran di Kelurahan Kemaraya, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari, sepertinya bakal segera terwujud ditahun 2020 ini.

Pemilik lahan, H Abdul Haliq menuturkan, Pembangunan Pondok Pesantren modern Tahfiz Quran itu bertempat diatas lahan seluas 780 meter persegi. Lokasinya terletak di Jalan Bunga Kolosua, Kelurahan Kemaraya, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari.

“Lokasinya di RT 003 RW 002. Selain lahan yang sudah tersedia, sejumlah bahan material seperti batu dan pasir sudah ada di lokasi tersebut,” ungkapnya.

Komandan Relawan Akhirat Indonesia ini mengatakan, selain pembangunan masjid dan pondok Tahfidz Qur’an, ada juga edukasi pada masyarakat untuk memaanfaatkan pekarangan agar berdaya guna dengan menanam tanaman jangka pendek.

Sementara itu, Lurah Kemaraya, Sumarni Asahi. S.sos, M.Ap mendukung penuh pembangunan masjid tersebut. Menurutnya, tujuan di dirikan masjid itu dalam menuntaskan buta aksara (Al Qur’an) disegala usia.

“Saya kira tujuan Relawan Akhirat dibentuk sudah disitulah tujuan awalnya kita mengimplementasikannya di masyarakat agar semua orang bisa belajar tulis Al-Qur’an dan memudahkan masyarakat untuk melaksanakan kegiatan ibadah dilingkungan puncak kolusua khususnya serta sekitarnya,” tuturnya.

 

 

Selain itu, lanjut Sumarni, ada juga program PKS menanam di lokasi tersebut. Katad dia, itu akan bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kota Kendari, untuk memanfaatkan lahan-lahan warga yang belum termanfaatkan sehingga dapat menghasilkan pendapatan rumah tangga. Kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2020.

“Jadi dimasa Pandemik Covid-19 ini, nanti akan kita tanaman-tanaman yang menghasilkan, seperti tanaman jangka pendek dan juga jangka panjang. Kalau jangka pendek seperti sayur sayuran, sedangkan jangka panjang seperti tanaman jagung dan ubi,” pungkasnya.

Pimpinan PKS cabang Kendari Barat, Dahyar, mengungkapkan, mengenai kegiatan PKS menanam pihaknya baru sebatas mengusulkan ke Kelurahan yang sudah siap lahannya untuk di tanami beberapa bibit tanaman, salah satunya Kelurahan Kemaraya.

“Insya Allah kegiatannya itu nanti bulan depan. Yang jelasnya masih sebatas usulan, masih menunggu info selanjutnya. Rencananya itu beberapa bibit tanaman sayuran dan cabe yang jangka pendek buahnya, sehingga bisa cepat dipanen hasilnya dan menambah penghasilan masyarakat sekitar ditengah kondisi pandemi ini,” jelasnya.

Turut hadir dalam peninjauan lahan untuk pembangunan masjid dan pondok Tahfidz Qur’an Camat Kendari Barat Sahurianto M. Sp, RT 003 Ajuharis Liambo.(Cr2)