Ruksamin dan Kapolres Konut Panen Nilam di Asemi Nunulai

115

Berita Klick.com, WANGGUDU – Bupati, Ruksamin bersama Kapolres Konawe Utara (Konut), AKBP Achmad Fathul Ulum menghadiri panen raya nilam di Desa Asemi Nunulai, Kecamatan Asera. Bupati juga membagikan sembako ke beberapa warga. Kegiatan berlangsung Kamis Sore (4/6).

Perjalanan ke lokasi panen raya, bupati dan Kapolres bersama rombongan menggunakan kendaraan roda dua jenis trail, sebab medan yang dilalui terhampar bebatuan, sesekali dijumpai lumpur yang membuat jalan licin, sehingga tak memungkinkan untuk dilalui kendaraan biasa.

Panen nilam tersebut merupakan hasil kerja keras dari empat kelompok tani yang berada di Desa Asemi Nunulai yakni Kelompok Laronaue dengan luas area 10 hektar are (Ha), Kelompok Meronga-ronga 11 Ha, Kelompok Mepokoaso 10 Ha, dan kelompok Karang Taruna Mombehia-hia 4,5 Ha. Total keseluruhan 35,5 Ha.

Bupati Konut, Ruksamin mengatakan, pengembangan tanaman nilam di tengah pandemi Covid -19 saat ini sangat tepat, sebab dapat membantu ekonomi masyarakat akibat dampak corona virus. Ia pun melayangkan apresiasi kepada petani nilam yang begitu semangat bekerja.

“Salut buat para petani. Ini klo saya liat berdasarkan kondisi yang ada saat ini, bertani menjadi salah satu rutinitas yang baik, bisa membangkitkan ekonomi ditengah pandemi corona virus,” ungkapnya.

Bupati berharap, hasil panen nilam dapat mensejahterahkan masyarakat Desa Asemi Nunulai. Ia pun mengimbau budidaya nilam dapat dicontoh oleh Kades lain di wilayahnya masing-masing.

“Saya juga berterima kasih kepada bapak kepala desa yang sudah memfasilitasi warga menanan nilam. Jadi melalui dana desa, kedepan jangan hanya 30 ha, terus dikembangkan lagi pak desa,” ucapnya ke Kades Asemi Nunulai.

Sementara itu, Kades Asemi Nunulai, Ndarto mewakili masyakatnya menyampaikan terima kasih kepada bupati Konut yang telah hadir untuk melakukan panen raya sekaligus membawa bantuan sembako bagi warganya.

“Kami atas nama seluruh kelompok tani di Desa Asemi Nunulai sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pemda Konut dan lebih khusus kepada bupati yang begitu maksimal memberi pelayanan, termasuk melakukan panen nilam bersama,” ujar Kades Asemi Nunulai.(p1/klick)