Masjid Istiqlal Kembali Disemprot Disinfektan, Begini Suasananya

41
Penyemprotan disinfektan di Masjid Istiqlal, Rabu (3/6/2020)
Foto: Penyemprotan disinfektan di Masjid Istiqlal, Rabu (3/6/2020) (Yogi Ernes/detikcom)

JAKARTA – Penyemprotan disinfektan kembali dilakukan di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Kegiatan kali ini menjadi bagian dalam meningkatkan protokol kesehatan jelang persiapan rencana dibukanya kembali Masjid Istiqlal untuk umum pada bulan Juli nanti.Pantauan detikcom di lokasi, ada 24 orang yang berasal dari tim Damkar DKI Jakarta yang bertugas lakukan penyemprotan disinfektan. Semua personel lengkap menggunakan pakaian alat pelindung diri (APD).

Enam personel kemudian memasuki area masjid. Di dalam, tidak terlihat karpet-karpet yang biasa ada di Masjid Istiqlal. Semuanya telah diletakkan di bagian sisi ujung masjid.

Penyemprotan dilakukan di Masjid Istiqlal dibagi ke dalam dua bagian, yaitu bagian utama masjid dan bagian luar masjid.

Semua sudut area masjid tidak luput dilakukan penyemprotan oleh personel. Karpet-karpet yang telah dipinggirkan juga menjadi titik penyemprotan disinfektan.

Penyemprotan disinfektan di Masjid Istiqlal, Rabu (3/6/2020)Penyemprotan disinfektan di Masjid Istiqlal, Rabu (3/6/2020) Foto: Penyemprotan disinfektan di Masjid Istiqlal, Rabu (3/6/2020)

 

Tiga orang personel penyemprotan juga secara detail menyisir seluruh area lantai di ruang utama Masjid Istiqlal untuk melakukan penyemprotan. Di bagian luar masjid, semua bangku-bangku yang terdapat pada lokasi masjid juga turut dilakukan penyemprotan.

Ditemui di lokasi, Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Satriadi mengatakan ke depannya kegiatan penyemprotan disinfektan kali ini akan dirutinkan seminggu sekali di seluruh tempat ibadah yang ada di Jakarta.

Satriadi menambahkan, hari ini pihaknya secara bersamaan menerjunkan 24 personel untuk melakukan penyemprotan disinfektan di dua rumah ibadah, yaitu Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral.

“Kita jadwalkan tempat peribadatan itu seminggu kita lakukan penyemprotan disinfektan. Bukan hanya Istiqlal ya, tapi tempat peribadatan, ya masjid, mushalla, tempat peribadatan di Jakarta,” kata Satriadi di Masjid Istiqlal, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Rabu (3/6/2020).

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah menitipkan pelaksanaan protokol kesehatan di Masjid Istiqlal, Jakarta, jika sudah dibuka untuk umum. Dengan dilaksanakan protokol kesehatan, Jokowi berharap, jemaah aman dari penularan COVID-19.

“Tentu saja mulai saat ini, saya titip, mulai disiapkan protokol kesehatan sehingga nanti pada saat kita melaksanakan salat di Masjid Istiqlal semuanya aman dari COVID-19,” ujar Jokowi seusai meninjau Masjid Istiqlal, yang disiarkan di saluran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (2/6).(detik)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU

BERITA TERBARU