Kontribusi Ormas Meringankan Beban Masyarakat Dalam Pencegahan Covid-19 Patut Diapresiasi

18
Dari Talkshow yang digelar Badan Kesbangpol Sultra dengan tema Peran Ormas dalam menghadapi covid-19.

 

KENDARI- Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) di Sulawesi Tenggara (Sultra) telah berkontribusi dalam penanganan masyarakat terdampak Covid-19 patut diapresiasi. Sejumlah Ormas malah sudah menyalurkan berbagai bantuan kepada masyarakat.

Hal tersebut dibahas saat talkshow dengan tema peran ormas dalam pencegahan dan meringankan beban masyarakat di tengah Pandemi covid-19, di posko gugus tugas covid-19 Sultra, Selasa (19/5/2020) malam.

Gerakan Pemuda Ansor Sultra salah satunya. Ketua GP Ansor Sultra, Pendais Haq, SAg MPd mengatakan, menyikapi adanya wabah virus corona ini, pihaknya berkoordinasi dengan pimpinan cabang secara online di 17 Kabupaten dan Kota se-Sultra.

GP Ansor saling mengajak untuk berkomitmen memutus mata rantai covid-19 ini. saat ini bukan waktunya saling menyalahkan, sekarang ini kondisi kehidupan sosial tidak stabil.

“Saat pandemi datang, human waktunya saling menyalahkan. Yang diperlukan segera bertindak apa yang bisa diberikan kepada masyarakat, di 17 kabupaten dan kota, GP Ansor membuka posko-posko tanggap terhadap pandemi covid-19,” ujarnya.

Dia menuturkan, GP Ansor tidak bekerja sendiri. Karena itu diperlukan kolaborasi dengan berbagai elemen dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona ini. GP Ansor ber kolaborasi dengan berbagai pihak. Selain Tim gugus tugas masing-masing daerah, GP Ansor juga melakukan kampanye masif untuk memerangi covid-19.

“Kami berikan juga bantuan sembako, hand sanitizer dan berbagi masker gratis kepada masyarakat,” ucapnya.

Hal senada diungkapkan Ketua Relawan Akhirat Provinsi Sultra, Alvin Basri SPd MPd. Katanya, Relawan Akhirat hadir di masyarakat untuk menyebar kebaikan. Ada berbagai kegiatan sosial yang dilakukan Relawan Akhirat sebagi ladang amal.

“Ada 23 pondok tahfidz binaan kami, melakukan aksi bangun masjid, aksi peduli masyarakat yang memerlukan bantuan,” bebernya.

Dia menuturkan, wabah pandemi ini sangat menghantam sektor ekonomi cukup besar sehingga kondisi ekonomi masyarakat sedikit terganggu.

“Untuk sumber dana, alhamdulillah banyak dari donatur aksi sedekah beras. Dan kegiatan sosial yang dilakukan yakni menyalurkan kurang lebih enam ratus paket sembako di Kendari, Konawe dan Konawe Selatan,” katanya.

Lanjutnya, Relawan Akhirat juga melakukan penyemprotan disinfektan semua panti asuhan di Kendari, pondok pesantren dan masjid. Kemudian membagikan 4.000 masker ke masyarakat.

Sementara itu, Ketua Yayasan Alkanza, Hj Mawar Ruselia, SE mengungkapkan bahwa konstribusi yang telah dilakukan dalam mencegah Covid-19 yaitu turut mengedukasi masyarakat agar paham pencegahan penyakit covid-19 ini dan ikut menangani masyarakat terdampak covid-19.

“Kami telah berkontribusi menyemprotkan disinfektan di 100 titik rumah ibadah, pembagian paket sembako dan memberikan bantuan APD ke 15 puskesmas Kota Kendari, serta membagikan ribuan masker. Kami juga mengedukasi kepada kelompok majelis taklim, dan mengimbau agar tetap bersabar serta mengikut protokol covid-19,” tutupnya. (klick/is/hum)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU

BERITA TERBARU