Pertamina Belum Turunkan Harga BBM

8

Petugas mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis solar ke dalam jeriken untuk layanan pesan antar BBM Pertamina di SPBU Pertamina MT Haryono, Jakarta( Klick/ant)

 

JAKARTA-Pertamina belum juga menurunkan harga BBM meski harga minyak dunia tengah turun. Sejauh ini Pertamina baru menyediakan program bagi-bagi cashback di tengah pandemi virus Corona.

Harga minyak dunia sudah turun dalam beberapa pekan terakhir, bahkan pada medio April lalu angkanya sempat minus. Itu menjadi catatan sejarah tersendiri karena tak pernah sebelumnya harga minyak sampai turun di bawah nol.

Soal belum turunnya harga BBM, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, mengatakan pihaknya hanya mengikuti formula yang diberikan Kementerian ESDM dalam menentukan harga minyak. Intinya, harga diputuskan oleh pemerintah.

“Pemerintah harus memperkuat konsumsi domestik dengan menurunkan harga BBM 20-30%. Apalagi permintaan turun, harga di luar juga turun kita punya produksi bisa di-manage dengan baik,” kata Direktur Eksekutif INDEF Tauhid Ahmad, dikutip dari detikFinance.

Nyatanya harga BBM belum juga turun sampai hari ini. Pertamina sejauh ini baru memberikan beberapa program cashback.

Yang terbaru adalah program cashback untuk angkot. Program cashback ini diberlakukan mulai Minggu (3/5) kemarin hingga 31 Juli 2020. Sesuai namanya, program ini hanya akan diberikan pada angkutan kota berplat kuning.

Cashback yang diberikan 50% atau maksimum Rp 30 ribu. Cashback diberikan untuk pembelian produk Pertalite dan Dexlite saja. “Kuota konsumen harian adalah 10.000 transaksi pertama atau 10.000 angkot pertama per harinya,” kata VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman.

Cashback untuk angkot ini menyusul cashback yang sebelumnya sudah diberikan untuk ojek online. Pada pertengahan April Pertamina mengumumkan memberikan diskon BBM sebesar 50% (maksimal (Rp 15.000) bagi 10.000 pengendara ojek online setiap hari. Oleh Ahok ketika itu, disebutkan program berlaku mulai 14 April sampai 12 Juli.

Selain itu ada juga cashback buat seluruh pemilik aplikasi MyPertamina. Besarnya cashback ini adalah sebesar 30% (maksimal Rp 20.000) untuk produk Pertamax, Pertamax Turbo, dan Pertamina Dex. Program ini dimulai pada 27 April dan akan berlaku sampai 31 Mei.(klick/det)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU

BERITA TERBARU