Pembangunan Bandara Kolut Tetap Berlanjut

73

LASUSUA,BERITAKLICK.com – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Ir Junus, menegaskan, program pembangunan Bandara Kolut tetap menjadi skala perioritas yang akan terus berlanjut.

Junus mengungkapkan, meski Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolut telah mengeluarkan kebijakan, menarik sebagian anggaran di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), guna upaya pencegahan dan penanggulangan wabah Covid 19, namun untuk anggaran pembagunan bandara sebesar Rp 44 miliar, tidak ada pengurangan.

“Memang ada penarikan anggaran di setiap OPD, termasuk di kami Dinas Perhubungan juga ada penarikan anggaran untuk sejumlah program, dampak dari wabah Covid-19 ini. Namun untuk anggaran pembangunan bandara tidak ada pengurangan, karena pembangunan bandara ini telah menjadi program skala prioritas,” terang Junus.

Menurutnya, saat ini proses pembangunan bandara yang berlokasi di Desa Lametuna dan Desa Kaluku-luku Kecamatan Kodeoha tersebut, telah memasuki tahapan lelang kegiatan, dan sesuai target pertengahan Bulan Mei ini sudah ada penetapan pemenang tender.

“Item pekerjaan seperti pembuatan talut penahan ombak sepanjang 2000 meter, serta penimbunan pantai sepanjang 2 kilometer, itu prosesnya sudah masuk di Unit Layanan Pengadaan (ULP) untuk ditenderkan,” tegasnya.

Informasi dari pusat, lanjut Junus, pemerintah pusat melalui Kementrian Perhubungan dan Bappenas telah memasukan program pembangunan Bandara Kolut untuk dianggarkan pada Tahun Anggaran 2021.

“Jadi pembangunan bandara Kolut merupakan salah satu kegiatan skala prioritas di Provinsi Sultra, yang akan dibiayai pemerintah pusat melalui APBN. Namun untuk besaran anggarannya belum diketahui,” ungkapnya.

Junus menambahkan, terkait pembebasan lahan warga, sudah selesai terlaksana dengan total anggaran Rp 14 miliar lebih. Pihaknya berharap penandatangan kontrak dapat dilaksanakan pada Bulan Mei, sehingga pada Bulan Mei tersebut proses pekerjaan bandara sudah akan dimulai. (r1/b/wan)