Lanal Kendari Rapid Test Ratusan TKBM dan ABK

42
Danlanal Kendari, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia (tengah) didampingi Kepala KSOP Kelas II Kendari, Letkol Marinir Benyamin Ginting (kiri) saat memantau langsung kegiatan rapid test bagi TKBM dan ABK du Pelabuhan Bungkutoko.

 

KENDARI, BeritaKlick.Com | Sebagai upaya membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang kian masif. Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari melakukan rapid test ratusan Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) buruh dan Anak Buah Kapal (ABK) di Pelabuhan Bungkutoko Kendari, Kamis (28/6).

Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Kendari, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Kendari dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari ikut terkibat dalam kegiatan ini.

Kepada awak media, Danlanal Kendari, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia menjelaskan, pelaksanan rapid test tidak lain sebagai bentuk dukungan Lanal Kendari dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Kali ini kita menyasar TKBM, seluruh personil yang bekerja di pelabuhan, baik ABK maupun petugas dari TNI Polri yang betugas di pelabuhan. Jadi, ada 400 rapid tes kita siapkan dan ada 100 rapid tes cadangan,” terangnya.

Alumni Akademi Angkatan Laut (AAU) 1998 itu mengaku, pihaknya bakal melakukan rapid test dibeberapa pelabuhan lainnya diantaranya Pelabuhan Nusantara dan Pelabuhan Fery.

“Sesuai pembicaraan sebelumnya, ini juga akan kita laksanakan disejumlah pelabuhan lainnya,” ungkap Danlanal.

Sementara itu, terkait hasil rapid test, Danlanal mengungkapkan, hasilnya langsung akan dilaporkan ke Gugus Tugas Covid-19 Sultra. Bahkan, kata dia, jika diketemukan hasil reaktif langsung dilanjutkan ke tahap selanjutnya yakni uji swab.

“Apabila ada yang reaktif nanti langsung akan diuji swab. Disini kan ada Dinkes Kota,” cetus Danlanal.

Untuk diketahui, berdasarkan hasil uji rapid test kepada 157 TKBM, buruh dan lainnya hingga pukul 11.30 Wita, semua dinyatakan non reaktif Covid-19 atau virus Corona.

Sebelumnya, Danlanal juga menekankan kepada seluruh personelnya untuk senantiasa meningkatkan pengamanan personel dan keluarga, ikuti arahan pemerintah dalam hal social distancing dan physical distancing.

Membiasakan hidup sehat, gunakan masker dan cuci tangan serta ikuti perkembangan Covid-19 di daerah masing-masing. (rs)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU

BERITA TERBARU